Better You

Semua Hal yang Perlu Kamu Ketahui Soal Manifestasi atau Manifesting

  by: Alvin Yoga       21/10/2021
  • Selain astrologi dan zodiak, belakangan ini istilah "manifestasi" atau "manifesting" semakin sering kita dengar. Right? It's on our radar. Dan ya, manifestasi ini rasanya seperti...meminta sebuah permohonan. Like making wishes to our fairy godmother. Semisal, saya ingin sekali memiliki seorang S.O. aka pasangan hidup (saya bahkan belum bertemu gebetan baru sejak bulan Februari, saatnya bermanifestasi menjelang akhir tahun, kan?), atau setumpuk uang (Great Recession 2.0 whomst?), atau sebuah liburan menyenangkan (terutama karena kita sudah terkurung selama berbulan-bulan di rumah, I miss vacation me!), dan saya bermanifestasi untuk mendapatkan hal-hal tersebut.

    But! Manifestasi sebenarnya lebih dari sekadar menyebutkan catatan keinginan atau wishlist. Menurut seorang astrologer, "Manifestasi pada dasarnya adalah tentang meminta pada alam semesta apa yang kamu inginkan, memahami bahwa keinginan tersebut sedang dalam perjalanan, dan kamu terbuka untuk menerimanya," ujar Lisa Stardust, anggota dari Cosmo Council. Okay, jadi ini merupakan versi kosmis dari "Saya melihatnya, saya menyukainya, saya menginginkannya, saya mendapatkannya"—hanya saja kamu tak mendapatkannya secepat pengiriman pesan-antar-satu-hari.

    Menurut Lisa, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu harus super detail dengan permintaanmu. Jadi semisal, seperti saya, kamu juga sedang mencari seorang pasangan, kamu tak bisa hanya membisikkan "Saya ingin pacar" ke kristalmu dan berharap "tring" sang pasangan akan meluncur ke DM mu. Duh! Kita juga harus melakukan usaha. Ini bisa berupa menulis jurnal mengenai pasangan idealmu, atau menulis sebuah surat berisi apa yang kamu inginkan dari (dan untuk) pacarmu. Yeah, kamu bisa menjelaskan seperti apa sosok prince charming yang kamu butuhkan.



    Berikutnya, kamu harus melakukan permintaan, dan kamu punya beberapa opsi yang berbeda. Beberapa lebih terstruktur, seperti menyalakan sebuah lilin merah pada saat Bulan Baru atau membuat persembahan pada sang dewi (terutama untuk permintaan yang sehubungan dengan cinta, Lisa mengatakan bahwa kamu bisa membuat sebuah altar untuk Venus dan menghadiahinya dengan madu, champagne, atau bunga. Ya, rasanya sangat menyenangkan untuk menjadi Venus). Beberapa lebih terbuka, seperti dengan bermeditasi secara rutin pada apapun yang sedang kamu coba untuk manifestasikan.

    Ketika kamu mengajukan "petisi" pada alam semesta seperti ini, kamu menciptakan "Sebuah hubungan energik antara diri emosionalmu dan hal fisik yang kamu coba wujudkan," ujar Aliza Kelly, seorang anggota Cosmo Council lainnya (ia sedang menulis sebuah buku mengenai manifestasi saat ini, jadi percayalah bahwa ia tahu banyak hal). Cara lain untuk memulai hubungan itu: Latihlah diri untuk lebih murah hati alih-alih menimbun semua yang kamu miliki. Jadi, jika kamu (juga seperti saya) mencoba untuk mewujudkan uang tunai yang besar, pinjamkan sejumlah kecil (keciiill, ya) pada teman yang membutuhkan. Ini akan menjadi karma yang lumayan dan juga memberitahu alam semesta bahwa rekening bank mu siap untuk diisi.


    Jadi, menurut Aliza, sama seperti gym (lol, masih ingat dengan tempat gym?), manifestasi bekerja dengan baik layaknya bagian dari sebuah rutinitas. Nyalakan lilin spesialmu setiap Bulan Baru hadir atau ulangi sebuah ritual spesifik setiap minggu. Teruslah meminta apa yang kamu inginkan, dan teruslah percaya bahwa kamu akan menerimanya, dan hal ini akan...terpenuhi, biasanya menurut garis waktu yang ditentukan alam semesta, bukan milikmu, dan tentu saja, kamu juga perlu ingat bahwa terkadang kamu tak dapat memiliki segalanya karena selalu ada yang lebih baik untukmu.

    Jadi, kalau kamu sedang membutuhkan hal tersebut, menurut Cosmo Council, beginilah cara ~memanifestasikan~ keinginan tersebut:


    Kesehatan

    Mandilah dengan garam Epsom. Ketika berendam, visualisasikan tujuan kesehatanmu menjadi sebuah kenyataan.


    Penyembuhan Emosional

    Ketika Bulan Purnama, perlahan-lahan lepaskan kalung atau sebuah tali yang kusut. Renungkan ingatanmu saat jarimu melakukan tugasnya—ini akan membantumu memproses perasaanmu.




    Pekerjaan Baru

    Bermeditasilah pada tujuan kariermu dengan sebuah kristal clear-quartz di Bulan Baru. Lalu simpan batu kristal tersebut dalam dompetmu—atau di sebelah laptop mu—ketika kamu sedang menghadapi sebuah wawancara pekerjaan.


    Uang

    Tempatkan sekantong basil atau kemangi (tumbuhan ini menarik keberuntungan dan uang) di bawah bantalmu jadi ketika kamu tertidur, kamu dapat mengirimkan pesan pada alam semesta bahwa akun rekeningmu sedang membutuhkan tambahan dana.


    Cinta

    Ambil dua buah lilin, lalu letakkan mereka di dua sisi meja, kemudian nyalakan keduanya. Mulai dari Bulan Baru sampai Bulan Purnama, dekatkan mereka sampai mereka saling menyentuh satu sama lain ketika Bulan Purnama.


    Pertemanan

    Tulis nama orang yang kamu kagumi atau orang yang ingin kamu hubungi kembali di atas secarik kertas. Benamkan di segelas air gula, kemudian biarkan kertas itu mengering di bawah sinar matahari agar perjalananmu cerah dan manis.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US, @EMILYLYNNDESIGN)