Fashion

Baru Beli Sepatu? Ini Dia Tips Cara Merenggangkan Sepatu Baru Kamu

  by: Astriana Gemiati       22/10/2021
  • Sepatu baru hampir sama dengan kue ulang tahun: sepatu tidak pernah gagal membuat kamu tersenyum, tidak peduli seberapa gemerlap, berkilau, atau ekstranya.


    Karena itu, tidak ada yang lebih menyebalkan daripada memesan sepasang sepatu secara online dan langsung merasakan sejumput lecet di bagian belakang tumit atau sisi jari kaki kamu. Meskipun lecet sebenarnya sangat umum —kebanyakan orang akan mengalami setidaknya beberapa setiap tahun, menurut situs web NHS— itu tidak menghentikan mereka menjadi sangat mengganggu.






    Jawabannya? Peregangan sepatu kamu, menurut ... yah, kata ibu di mana-mana. Tetapi apakah ada metode yang mungkinkah ini berhasil? Plus, apakah layak mempertaruhkan berapa banyak yang kamu habiskan untuk sepatu baru jika kamu pada akhirnya meregangkannya dua ukuran terlalu besar?


    Cosmo berbincang kepada Victoria Prew, founder and CEO of fashion rental service HURR. Dia akan menjelaskan logika di balik meregangkan sepatu kamu, plus membagikan semua tips terbaiknya untuk meregangkan dengan aman. Sit tight.



    Mengapa kamu ingin meregangkan sepatu?

    Well, menurut Victoria, untuk melindungi kaki malang kamu dari lecet tersebut.


    "Peregangan sepatu sering dilakukan untuk mencoba dan menghindari gesekan dan lecet pada sepatu baru. Meskipun ini bukan praktik standar, sangat mungkin untuk meregangkan dan melembutkan sepatu kulit baru, khususnya," jelasnya.


    Catatan: ini juga terkait dengan sepatu yang sedikit ketat. Jika pertama-tama menyebabkan lecet, mungkin karena terlalu ketat atau sempit di bagian tertentu sepatu. Meregangkannya dapat membantu dengan —ya, kamu dapat menebaknya— sedikit meregangkan sepatu, dan pada gilirannya, menambah ruang untuk kaki kamu.


    Tertarik untuk belajar bagaimana? Cosmo punya tips ahli.


    Ini dia langkah demi langkah untuk meregangkan sepatu kamu

    Ini benar-benar bisa dilakukan di rumah, menurut Victoria. "Tentu saja kamu bisa menggunakan DIY dan mencobanya dari kenyamanan ruang tamu kamu," jelasnya. Tidak merasa begitu percaya diri? Ada banyak tutorial video di YouTube dan Instagram juga, jika kamu lebih suka menonton panduan visual.


    Ada beberapa metode yang berbeda, termasuk di bawah ini:

    Isi sepatu kamu dengan koran

    1. Remukkan koran.



    2. Pastikan koran hanya sedikit basah, tetapi pastikan tidak basah kuyup. Air dapat merusak sol bagian dalam, Victoria menjelaskan.

    3. Isi setiap sepatu dengan kertas secukupnya hingga cukup penuh dan sedikit melar.

    4. Biarkan kertas mengering dan lepaskan sebelum kamu memakainya lagi. Dan voila.


    Kenakan sepatu kamu di sekitar rumah

    Cara lain untuk meregangkan sepatu, jika tidak menyebabkan lecet yang lebih parah adalah dengan memakainya di sekitar rumah sebelum dipakai. Dengan begitu, mereka juga merasakan kaki kamu.


    Apakah ada yang harus diperhatikan saat meregangkan sepatu?

    Jika ragu, sebaiknya serahkan pada profesional, Victoria memperingatkan. Pencarian sederhana dari toko reparasi sepatu terdekat seharusnya dapat memberi tahu kamu secara profesional layanan apa yang mereka tawarkan, dan bagaimana mereka dapat membuat sepatu kamu terasa nyaman.




    Apakah ada produk yang bagus untuk diketahui?

    Victoria menganggap bahwa orang yang meregangkan sepatu mereka menunjukkan minat yang meningkat untuk berbelanja secara berkelanjutan dan membuat lebih banyak pakaian yang kamu miliki?


    Singkatnya: kepastian. "Jika kamu telah berinvestasi dalam sepasang sepatu bot yang agak terlalu ketat, mengapa tidak mencoba meregangkannya?" dia menjelaskan. "Solusi peregangan sederhana dapat memastikan barang apa pun yang kamu beli memang dikenakan."


    Jika kamu sudah mencobanya dan masih kurang tepat, ada pilihan lain untuk sepatu kamu, lanjutnya. "Jika setelah beberapa kali mencoba tetap tidak beres, selalu pastikan untuk menjual kembali sepatunya atau sumbangkan ke badan amal untuk memastikan mereka memiliki rumah baru." Waste not, want not.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Pinterest)