Better You

Ini Dia Cara Terbaik Untuk Memanifestasikan Keinginan!

  by: Nadhifa Arundati       22/10/2021
  • Kamu pernah nggak menginginkan sesuatu (so badly) dan mengharapkannya untuk menjadi nyata? Sampai membayangkan secara detail, menghabiskan waktu hanya untuk mewujudkannya, atau selalu menulis keinginan tersebut di dalam dream journal....pada akhirnya waktu memanggil keinginanmu, yes, dreams do come true! Tindakan ini dapat disebut dengan manifestasi, yang memiliki beragam manfaat bagi setiap keinginan (ingin diterima di kampus impian, bertemu dengan Mr. Right) atau mungkin keinginan yang kadarnya tak begitu besar (menemukan apartment baru yang bagus dan affordable, lolos masuk interview kerja).

    Well entah bagaimana caranya, setiap keinginan perlahan bisa tercapai, apalagi jika didukung dengan melakukan manifestasi yang dipaparkan dalam buku berjudul This Is Your Destiny: Using Astrology to Manifest Your Best Life karya Aliza Kelly—kini impian menjadi nyata tak lagi terlihat samar.




    Cara Memanifestasikan Keuangan

    OK, coba ambil buku cek kamu di dalam laci, lalu bayangkan bagaimana rasanya kalau kamu sudah tak perlu lagi khawatir soal keuangan. Siapkan kertas dan pena, lalu tulis di kertas cek untuk dirimu sendiri, seberapa banyak uang yang ingin kamu miliki dalam mencapai status financially stable.

    Pilih tanggal yang tepat sebagai bentuk harapan untuk di masa depan (semisalkan kamu ingin kejadian ini tercapai tepat satu tahun dari sekarang) tulis di bagian jumlah “Berikan Jumlah yang Lebih Banyak” kemudian letakkan kembali buku cek di tempat semula. Then congrats, mulai saat ini kamu sudah mulai menempuh goals untuk perencanaan keuangan, dan alam semesta turut mendukung!



    Cara Memanifestasikan Kepercayaan Diri

    Siapkan kertas, lalu tulis di sisi kiri terkait tiga hal yang membuatmu mencintai diri sendiri (cara kamu berpenampilan, kegiatan yang selama ini mampu meningkatkan kepercayaan diri). Namun untuk di kertas sisi kanan, tulis tiga hal tentang apa saja insecurities yang selama ini kamu alami.

    Setelah itu buat-lah garis pembatas di antara keduanya sembari berpikir, impian apa saja yang ingin kamu raih dan bagaimana cara untuk segera ‘menghempaskan’ rasa tidak diri yang masih saja menyelimuti dirimu. Lakukan secara rutin di malam hari (bisa juga dilakukan di setiap akhir pekan) agar kamu dapat menerima dirimu sendiri, self-love is on the way!


    Cara Memanifestasikan Percintaan

    Kamu membutuhkan dua lilin (warna merah atau pink) dan gula. Pertama, genggam satu lilin (dalam kondisi gelap, belum dinyalakan) lalu dekatkan di depan dada, sebut namamu secara lantang, kemudian kamu akan merasakan energi baik yang melebur ke lilin tersebut. Ambil lilin yang berikutnya, ucapkan kejadian romantis apa saja yang selama ini kamu inginkan dalam hidup (contohnya seperti ingin menemukan pasangan yang setia, penuh kasih sayang, serta pengalaman seks yang mengagumkan).

    Next, membentangkan kedua lilin dengan jarak enam inci, tabur serpihan gula, seakan seperti menyebrangi kedua lilin tersebut. Terakhir, dekatkan kedua lilin secara perlahan sembari membayangkan kalau kedua lilin tersebut seketika menyala, cahayanya semakin terang sampai mendominasi pikiranmu. Saat dua lilin sudah semakin dekat jaraknya, baru deh kamu nyalakan kedua lilinnya (for real). Lakukan secara berkala, lalu percaya-lah kalau cinta sejati akan segera hadir—sudah pasti di waktu yang tepat.


    Cara Memanifestasikan Perkembangan Karier

    Menghubungkan pikiran dengan pola bernapas, lalu jabat kedua tanganmu, imajinasikan bahwa energi baik sedang mengalir dari kepala hingga ke jemari. Pasang timer selama empat menit, kemudian tulis kata, frasa, ide, atau simbol yang memberimu inspirasi—baik yang berkaitan dengan pekerjaan maupun hal yang abstrak (terpikir untuk menulis kata 'kangguru'? Tulis saja, siapa tahu membuahkan ide yang cemerlang nantinya!). 

    Jika waktu sudah habis, saatnya untuk menyusun random words tersebut menjadi sebuah list, setelah itu melakukan metode brainstorming, dengan menghubungkan setiap kalimat acak menjadi sebuah ide baru. Kalau sudah mulai rutin menerapkan hal ini, manfaatnya pasti akan kamu rasakan di kemudian hari, thank us later!




    Cara Memanifestasikan Pertemanan

    Buka peluang pertemananmu secara luas! (baik secara langsung atau virtual) Mmenghubungi teman yang dulu dekat sekarang sudah mulai merenggang, teman yang hanya saling follow di Instagram—pokoknya, manfaatkan waktumu supaya bisa menghabiskan bersama mereka, mulai dari merencakan waktu untuk bertemu atau sekadar mengobrol melalui voice call. Bangun fondasi dari awal demi memperterat hubungan.

    Kalau kamu merasa masih butuh banyak jaringan pertemanan, nampaknya kamu perlu bergabung dengan berbagai komunitas—diam-diam kamu adalah ARMY? Well, gabung saja bersama komunitas ARMY BTS yang kamu rasa cocok untuk diikuti! Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan banyak sekali orang baru—jika memang cocok, you can create new besties.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh penulis / Alih Bahasa: Nadhifa Arundati / Image: Dok  Ylanite Koppens from Pexels)