Beauty

Wajib Tahu! 12 Jenis Masker Wajah Untuk Setiap Masalah Kulit Kamu

  by: Astriana Gemiati       25/10/2021
  • Mari kita hadapi itu… filter tidak mengikuti kita dalam kehidupan nyata. Langkah pertama untuk memiliki kulit sempurna yang layak seperti terlihat di Instagram adalah dimulai dengan perawatan kulit, bukan riasan. Ada *begitu banyak* jenis masker wajah yang tersedia dan cosmo tahu itu bisa sangat membingungkan untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk kamu!




    Cosmo merinci semua jenis masker wajah yang berbeda, apa fungsinya, dan jenis kulit yang paling cocok untuk kamu.



    Enzyme

    Purpose: Nanas, pepaya, dan blueberry tidak hanya untuk smoothie sarapan kamu. Buah-buahan ini (dan banyak lagi) mengandung enzim yang memuaskan keinginan kamu untuk mendapatkan kulit tampak bercahaya. Masker enzim memecah sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit yang memperlihatkan kulit segar seperti bayi di bawahnya. Bersiaplah untuk menerima like dan komentar di media sosial karena kulit kamu otomatis insta-upgrade tampak lebih cerah dan halus saat kamu lakukan selfie.


    Cocok untuk: Semua jenis kulit, termasuk sensitif.


    Mud

    Purpose: Sometimes it pays to get…muddy??! Memang *jika* kulit kamu cenderung tersumbat dan berminyak! Masker lumpur adalah kombinasi berair dari tanah, lumpur, dan mineral yang memiliki sifat detoksifikasi serta klarifikasi. Masker antibakteri ini membantu membersihkan kulit dengan menyerap minyak berlebih dan membuka pori-pori.


    Cocok untuk: Semua jenis kulit, tetapi gunakan dengan hemat untuk kulit kering dan sensitif.


    Jelly

    Purpose: Ketika Beyonce menyanyikan "I don’t think you’re ready for this jelly" cosmo tahu dia tidak bernyanyi tentang jelly masks! Masker ringan seperti jelly ini berasal dari dunia K-beauty yang mencintai kulit. Masker jelly dikemas dengan bahan-bahan yang sangat menghidrasi yang bantu membuat kulit terasa lembut dan ternutrisi. Mereka bekerja dengan baik di bawah riasan dan sebagai topeng sepanjang malam juga!


    Cocok untuk: Kulit kering dan dehidrasi.


    Exfoliating

    Purpose: Pengelupasan kimia seperti alpha hydroxy acids dan beta hydroxy acids tersedia dalam berbagai bentuk: Serum, lotion, ramuan, dan masker wajah. Alpha hydroxy acids mengelupas lapisan permukaan luar kulit. Mereka juga merangsang produksi kolagen untuk bantu membuat kulit yang lebih kencang dan tampak muda. Salicylic acid sangat bagus dalam memerangi noda untuk kulit berjerawat. Beta hydroxy acid ini membuka pori-pori, mengeluarkan semua kotoran yang ada di dalamnya, dan mengencangkannya. Apakah kamu melewatkan tidur tadi malam?


    Exfoliating masks akan membuat kamu terlihat seperti memiliki delapan jam penuh.


    Cocok untuk: Semua jenis kulit, terutama kombinasi dan berminyak.


    Sheet

    Purpose: Mungkin masker paling populer saat ini, masker berbentuk wajah sekali pakai ini memberikan dosis serum yang kaya nutrisi ke kulit. Lembaran seperti kain memaksa kulit untuk menyerap serum daripada membiarkannya menguap atau meluncur pergi. Selain sangat nyaman, cepat, dan mudah digunakan, kulit kamu juga dapat terlihat dan menghasilkan foto yang bagus. Jangan lupa untuk memeras sisa serum dari kemasannya dan tepuk-tepuk ke dada dan lengan. Kamu akan merasa seperti dewi terhidrasi dalam waktu singkat.


    Cocok untuk: Semua jenis kulit.


    Baca jugaIni Cara Memilih Sheet Mask Yang Tepat Untuk Kulit Kamu


    Clay

    Purpose: Jangan bingung dengan watery mud mask, clay mask bersifat pengering dan terbuat dari zat mineral tertentu. Secara tradisional, masker pembersih dalam ini *sangat kering* karena menyerap semua minyak berlebih di kulit. Namun, saat ini, ada spektrum clay mask dan beberapa dikemas dengan tanah liat yang lebih lembut dan bahan pelembap juga.


    Cocok untuk: Kulit berminyak dan berjerawat.




    Hydrogel

    Purpose: Hidrogel adalah sepupu keren dari sheet masks. Mereka memiliki sifat dingin —atau mendinginkan— kita harus mengatakan, karena mereka terbuat dari zat seperti gel yang menenangkan kulit yang disebut bio-selulosa. Masker hidrogel jenuh dalam serum dan memaksimalkan hidrasi dengan memberikan penghalang oklusif dan menguncinya ke dalam kulit. Kamu juga dapat menemukannya dalam perawatan bertarget yang lebih kecil untuk bibir dan bawah mata.


    Cocok untuk: Semua jenis kulit, terutama sensitif.


    Gel

    Purpose: Jika kulit kamu membutuhkan sedikit perhatian, masker gel adalah cara yang lembut untuk memberikan dorongan hidrasi pada kulit. Masker pendingin kulit ini sangat bagus untuk digunakan setelah sesi latihan yang intens atau terlalu banyak terkena sinar matahari di telapak tangan. Cobalah membiarkannya sepanjang malam untuk bangun dengan kulit yang sangat lembut!


    Cocok untuk: Kulit kering, dehidrasi, dan sensitif.


    Bubble

    Purpose: Butuh pembersihan mendalam *dan* tawa yang baik? Hampir tidak mungkin untuk tidak memiliki senyum di wajah kamu saat menggunakan bubble mask. Dengan lebih banyak gelembung, masker lembar ini juga sangat berbusa. Ketika masker terkena oksigen, gelembung-gelembung kecil terbentuk. Gelembung ini memungkinkan penetrasi bahan pembersih yang lebih dalam di dalam masker untuk menghilangkan kotoran dari pori-pori kamu. Alhasil, kulit kamu tampak lebih cerah dan halus hanya dalam satu kali pemakaian.


    Cocok untuk: Kulit normal hingga berminyak dan berjerawat.


    Charcoal

    Purpose: Dikenal karena kemampuan penyerapannya, charcoal atau arang dapat membantu mengeluarkan bakteri, kotoran, dan minyak berlebih di kulit. Apakah kamu sering keluar rumah di tengah kota? Charcoal dapat membantu menghilangkan polusi yang menempel di pori-pori. Masker ini membantu menghilangkan komedo dan mencegah munculnya komedo baru.


    Cocok untuk: Kulit berminyak hingga kombinasi dan rawan jerawat


    Peel Off

    Purpose: Ketika kamu masih remaja, apakah kamu pernah menuangkan lem di tangan dan mengambilnya saat di sekolah? Ini *agak* seperti itu tapi untuk wajahmu. #samasamatapi berbeda


    Peel masks adalah exfoliant fisik. Biasanya, kamu akan menemukan tekstur seperti gel yang mengering di kulit. Setelah kering, kamu akan mendapatkan pekerjaan yang sangat memuaskan untuk mengelupaskan topeng. Lapisan atas sel kulit mati dihilangkan sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan halus. 


    Cream

    Purpose: Penuh dengan minyak dan bahan pelembap, masker krim membantu menutrisi sel-sel kulit kering. Saat sel bertambah dengan kelembapan, kulit langsung terlihat dan terasa lebih kenyal dan lembut. Ini adalah masker yang sempurna untuk digunakan setelah hari yang sibuk di tempat kerja dan mempersiapkan kulit kamu untuk keluar malam.


    Cocok untuk: Kulit normal hingga kering dan kulit dehidrasi





    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitanme.com  / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. GIPHY, [email protected])