Love & Sex

10 Cara Membangun Kepercayaan dalam Sebuah Hubungan

  by: Giovani Untari       26/10/2021
  • Salah satu rahasia sebuah hubungan dapat bertahan lama adalah karena adanya rasa saling percaya yang kuat antar pasangan. Namun, membangun kepercayaan bisa jadi sesuatu yang cukup sulit, terutama di fase-fase awal sebuah hubungan


    Arfeen Khan, seorang life coach yang menangani banyak bintang ternama India seperti Hrithik Roshan mengatakan: "Membangun sebuah hubungan sama halnya dengan kita memahat. Kepercayaan dapat dibangun saat kamu dan pasangan berhasil mengubah makna SAYA menjadi KITA. Orang yang selalu mengedepankan prinsip "SAYA" biasanya hanya akan berakhir menghancurkan dirinya sendiri karena ia selalu melihat apa yang tidak orang lain bisa lakukan untuknya. Sedangkan pasangan yang mau mengubah mindset menjadi "KITA" biasanya akan saling bekerja sama dalam membangun sesuatu dan memiliki tujuan yang jelas."



    Salah satu cara membangun kedekatan emosional dan hubungan yang bertahan lama adalah lewat rasa saling percaya. Arfeen pun memberikan tips efektif bagi kamu untuk membangun kepercayaan, rasa dicintai, dihormati, dan yang tak kalah penting perasaan aman.



    1. Bangun pola pikir dan tujuan bersama

    Dengan ini kamu dan pasangan akan bisa saling mengerti alasan mengapa kalian bersama. Cara ini juga akan membuat hubungan tetap berada di arah dan tujuan yang tepat.


    2. Belajar untuk saling menghormati satu sama lain

    Semakin besar rasa saling menghormati yang kalian ciptakan bersama, maka akan semakin besar pula rasa cinta tersebut. Remember: People don’t fall out of love; they fall out of respect. Jadi jangan ragu untuk mengungkapkan hal apa yang membuat kamu merasa tidak nyaman dan dihormati pada pasangan.


    3. Jangan berharap semua hubungan akan mulus & selalu romantis seperti di film / series

    "Ciptakanlah ekspektasi yang lebih realistis terhadap hubungan dan definisi romantismu. Hubungan yang romantis sejatinya juga berasal dari sikap saling menghormati, percaya,dan bebas saling berekspresi satu sama lain," ujar Arfeen.



    4. Tunjukkan pendapat serta apa yang menjadi kekhawatiranmu

    Apabila kamu takut untuk menyuarakan isi hatimu, maka bisa menjadi pemicu terjadinya hal yang tidak kamu inginkan dalam hubunganmu masa depan.


    5. Hormati keluarganya

    Jangan pernah 'menyerang' atau menjelek-jelekkan keluarganya. Ini merupakan hal yang sangat tidak sopan untuk dilakukan kepada pasanganmu.


    6. Sebuah hubungan yang sehat membuat pikiran dan badanmu juga bahagia

    Jadi saat kamu merasa pasanganmu juga peduli pada kesehatanmu, maka artinya ia sangat menyayangi dan percaya padamu.






    7. Berikan ruang untuk kalian berdua

    Ingat, ruang bukan jarak. Memberikan ruang dalam hubungan artinya kalian berdua tetap bisa menikmati segala hal yang disukai, meski tanpa kehadiran satu sama lain. Cinta bukan berarti harus selalu menempel bersama, karena tentu saja itu akan membuat hubungan lebih cepat membosankan.


    8. Siap menerima perubahan yang ada

    Semua orang pasti berubah, jadi tentu kalian harus bisa menerima hal ini dalam hubungan.


    9. Kalian akan saling berjuang satu sama lain

    Meski dalam prosesnya hubungan kalian akan mengalami beberapa hal ups and downs atau bahkan beradu argumen sekalipun. Tetapi hal itu akan membuat kalian bisa saling mengerti apa yang sebaiknya dilakukan untuk agar hubungan terus berjalan dan maju ke depan.




    10. Belajar memaafkan

    Semakin cepat kalian memaafkan satu sama lain, maka akan semakin kuat pula hubungan yang dijalani. Belajarlah untuk mengakui kesalahan dan memaafkan secara cepat. Hindari pertengkaran yang terlalu lama dengan pasangan.




    (Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Ekaterina from Pexels, Jonathan Borba from Pexels, cottonbro from Pexels, Katerina Holmes from Pexels).