Better You

Bolehkan Kita Menggunakan Handuk Badan untuk Wajah? Ini Jawabannya!

  by: Giovani Untari       27/10/2021
  • Menggunakan handuk yang sama untuk mengeringkan badan dan wajah: tentu saja ini menjadi sesuatu yang pastinya pernah kita lakukan di dalam hidup kita, bukan?

    Okay.. tetapi apakah sebenarnya hal ini wajar dilakukan? Atau justru sebaliknya?




    “Kita sebaiknya menggunakan handuk yang berbeda untuk mengeringkan wajah. Apalagi jika Anda memiliki tipe kulit acne-prone,” ujar Amy Weschler, M.D, seorang cosmetic dermatologist dan penulis buku The Mind-Beauty Connection: 9 Days to Less Stress, Gorgeous Skin, and a Whole New You.

    “Kulit di area wajah jauh lebih halus dan sensitif. Seharusnya tidak ada minyak dari bagian tubuh ataupun rambut yang ikut menempel di bagian wajah.”



    Dan Dr. Weschler bukan satu-satunya yang juga mendukung hal ini. “Apabila manggunakan handuk yang sama maka bakteri yang tertinggal di kulit, lengan, kaki, dan area spesifik lainnya bisa turut menempel ke wajah Anda. Tidak hanya bakteri, handuk tersebut juga bisa ikut membawa bakteri, virus, dan jamur ke wajah,” terang Christopher Mason, Ph.D, seorang asisten profesor di Weill Cornell’s Department of Physiology and Biophysics. Sungguh sebuah fakta yang cukup mencengangkan!


    Lalu, beberapa orang juga terkadang tidak rajin mengganti handuk mereka. Meski kamu merasa sudah ‘bersih’ setelah mandi dan mengeringkan badan, tetapi bisa saja ada beberapa bagian di tubuh yang belum sepenuhnya bersih. Bagian yang kotor tersebut berpotensi menjadi tempat hidup dan berkembang biak bakteri secara cepat. (Lalu, apakah kamu juga masih ingin membersihkan wajah menggunakan handuk yang sama dan sudah kamu gunakan untuk membersihkan area belakangmu? Pikirkan lagi hal ini, babes!).



    OK, jadi apakah itu artinya kita harus mencuci handuk setiap hari agar menjaga bakteri tidak menempel di wajah? Dr. Weschler mengatakan bahwa kita tidak perlu melakukan hal tersebut. 

    Kamu bisa menggunakan satu sisi dari handuk tangan untuk wajah dan sisi lainnya untuk menggeringkan tangan. Gunakan selama beberapa hari sebelum mencucinya. Terapkan juga hal yang sama untuk handuk badan.




    Dr. Weschler pun turut menyarankan agar kita sebaiknya menghindari penggunaan washcloth untuk membersihkan kulit wajah. Kecuali kamu selalu mengganti washcloth tersebut setiap harinya. Sang dokter lebih menyarankan kita agar membersihkan wajah menggunakan tangan yang bersih, sabun pencuci muka, dan air. 

    Jika kamu menggunakan washcloth dengan tujuan mengangkat sel kulit mati, maka Dr. Weschler lebih menganjurkan menggunakan serum dengan kandungan glycolic acid sekali atau dua kali dalam seminggu. Gunakan setelah mencuci dan mengeringkan wajah. Ia menyarankan pasiennya menggunakan serum yang mengandung kadar glycolic acid sebesar 6% untuk membersihkan sel kulit mati. Dan kabar baiknya, presentase tersebut juga masih aman digunakan bagi pemilik kulit sensitif.




    Untuk menjaga tubuh dan wajah bebas breakout, pastikan kamu mencuci washcloth menggunakan sabun dan air setelah mandi untuk membersihkan bakteri di dalamnya, saran Doris Day, M.D, seorang cosmetic dermatologist di New York. 

    Setelahnya gantung washcloth dan handuk sampai kering, jangan melipatnya. Segera cuci dan ganti handuk (baik handuk wajah atau badan) apabila sudah mengeluarkan bau apek atau bau tidak sedap lainnya.



    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Giovani Untari / Images: Dok. Feeh Costa on Unsplash, Michiel van Kaam on Unsplash, kevin laminto on Unsplash)