Lifestyle

Bertengkar dengan Pacar? Ini Cara Memenangkan Argumen Menurut Zodiak

  by: Alvin Yoga       27/10/2021
  • PSA: Materi di bawah ini adalah murni untuk hiburan. Well, yeah, kamu bisa menggunakannya kalau kamu sedang bertengkar dengan sang pacar, namun pikirkan kembali, apakah kamu pantas menghabiskan oksigenmu untuk berargumen dengan si dia. Terkadang, ada beberapa pertengkaran kecil yang tidak pantas untuk diperpanjang. Tapi kalau kamu merasa dirimu tidak salah dan kamu adalah seorang berjiwa pemberani, yang rela berargumen bolak-balik untuk mengoreksi orang yang salah (dan bandel!), maka berikut ini adalah panduan singkat mengenai cara memenangkan argumen berdasarkan zodiak seseorang. Meski begitu, berhati-hatilah karena bagaimanapun juga argumen itu berbahaya dan orang bisa kesal denganmu setelahnya... Karena jujur saja, siapa sih yang senang dirinya kalah ketika berargumen?

    Begini cara memenangkan argumen saat kamu bertengkar dengan zodiak:




    ARIES

    Fast and furious merupakan mode operasi setiap Aries, yang berarti kamu harus tetap tenang dan melakukan segalanya secara pelahan. Jangan biarkan zodiak api ini ikut membawamu terbakar emosi! Alih-alih, melompatlah keluar dari argumen mereka dan lihat bagaimana mereka menabrak dan terjebak dalam api emosi mereka sendiri. Problem para Aries adalah terkadang pikiran mereka bergerak terlalu cepat dan mereka mendasarkan ide pada hal-hal yang hanya ingin mereka dengar—jadi tugasmu adalah mencari tahu bagian mana yang terdengar tidak masuk akal dan kamu bisa menciptakan sebuah lubang kelemahan dalam argumen mereka.



    TAURUS

    Keras kepala, titik. Sangat sulit untuk mengalahkan seorang Taurus karena tidak seperti Aries, mereka telah belajar bagaimana cara untuk bersikap tenang dan berpikir secara lebih mendalam. Namun, inilah tepatnya bagaimana kamu bisa mengalahkan para Taurus dalam permainan mereka sendiri. Mereka memiliki sumbu yang pendek dan bisa frustasi dengan sangat mudah. Tata ulang argumen mereka ketika mereka sedang kalut, dan bergeraklah mengikuti kecepatan mereka. Biarkan mereka membenarkan dan membela diri—kunci untuk mengalahkan mereka adalah dengan menunjukkan kelemahan logika dan ideologi mereka. Begitu mereka terdiam dengan serangan balikmu, di sini lah kamu menang.


    GEMINI

    "He said, she said" tak akan membawa Gemini terlalu jauh. Gemini cepat berdiri di atas argumennya sendiri namun seringnya meninggalkan detail-detail penting. Biarkan mereka mengoceh panjang lebar selama semenit penuh, namun pastikan kamu benar-benar memperhatikan apa yang mereka katakan. Terkadang, Gemini hanya benar karena mereka tahu cara membanjiri orang lain dengan pikiran mereka. Kalau kamu mendengarkan dengan hati-hati, mereka akan mengekspos kelemahan mereka sendiri padamu. Jangan takut juga untuk memberikan bukti!


    CANCER

    LOL: Perkataan Cancer memang bermakna baik, namun terkadang mereka bisa menjadi sangat manipulatif. Hal terbaik yang bisa kamu lakukan ketika bertengkar dengan seorang pacar yang merupakan seorang Cancer adalah menahan diri, secara emosional. Jangan biarkan mereka mempengaruhimu, dan pertahankan logikamu. Kalimat yang mereka lemparkan bisa terlihat sangat perhatian dan dewasa, namun tetaplah berpegang pada senjatamu dan sadari bahwa setiap Cancer diatur oleh emosi mereka.


    LEO

    Stabil dan berapi-api, zodiak ini akan meledak-ledak lalu terdiam. Berhatilah-hatilah agar kamu tidak terlalu bersemangat ketika berargumen dengan Leo—kamu tidak akan memenangkan pertengkaran ini dengan cara tersebut. Mereka adalah orang yang bersemangat dan kreatif, yang berarti mereka tidak memiliki masalah dalam memikirkan sanggahan dengan cepat. Cara terbaik untuk berdebat dengan seorang Leo adalah belajar bagaimana berbicara lebih sedikit dan membuat mereka berbicara lebih banyak. Ajukan pertanyaan dan perhatikan tanggapan mereka. Ketika api mereka mulai mengecil, kamu tahu mereka telah kehilangan momentum.


    VIRGO

    Hal menarik yang bisa dipelajari dari Virgo adalah mereka tidak akan terlihat seperti orang bodoh karena terlalu banyak menyahut. Yang berarti zodiak ini senang menjaga bibir mereka tetap tertutup dan membatasi pikiran mereka untuk diri mereka sendiri. Merupakan sebuah kesempatan langka jika kamu melihat seorang Virgo lengah, dan ketika kesempatan tersebut tiba, perhatikan apa yang belum mereka sampaikan. Ketika Virgo berbicara, maka kaimat tersebut telah mereka persiapkan dengan baik, jadi paksa mereka untuk terus berpikir ketika berbicara dan biarkan mereka tergagap.


    LIBRA

    Kamu dapat mengalahkan seorang Libra dalam sebuah argumen dengan cara memahami bahwa mereka biasanya tidak memiliki keinginan kuat untuk berdebat. Libra diatur oleh Venus, yang berarti bahwa ketika mereka berdebat, itu karena mereka benar-benar berharap bahwa orang-orang akan berbaikan setelahnya. Tidak banyak yang perlu kamu lakukan dengan Libra selain menjelaskan alasan yang logis dengan mereka. Pada akhirnya, mereka akan cenderung untuk setidaknya mencoba memahami perspektifmu. Membuat mereka setuju dengan argumenmu adalah cerita lain—namun kamu tak perlu membuat mereka setuju dengan argumenmu untuk memenangkan pertengkaran tersebut.




    SCORPIO

    Sama seperti Aries, Scorpio secara umum berada di bawah planet Mars. Namun di balik itu, Scorpio juga diperintah oleh planet Pluto. Jadi, kamu harus menentukan apakah kamu berurusan dengan Scorpio yang ketinggalan zaman, atau seorang Scorpio yang berusaha untuk mengikuti perkembangan zaman. Kalau kamu berargumen dengan Scorpio yang ketinggalan zaman, kamu bisa meremas argumen mereka dengan terus menekan mereka dan menanyakan pertanyaan yang provokatif. Kalau kamu berargumen dengan Scorpio yang mengenal dengan baik situasi zaman, maka berikan pernyataan yang mereka tidak ketahui dan buat mereka menyadari bahwa argumen mereka terdengar jadul.


    SAGITTARIUS

    Sagittarius sangat cerdas—terlalu cerdas sampai-sampai mereka tidak akan masuk ke dalam argumen yang mereka tahu tidak akan mereka menangkan. Kalau kamu bisa mengeluarkan Sagittarius dari zona nyaman mereka, kunci untuk memenangkannya adalah membuat mereka tetap fokus dan menguji mereka untuk melihat seberapa kuat mereka memahami argumen mereka. Ada perbedaan yang jelas antara sekadar mengetahui dan benar-benar memahami. Membuat Sagitarius tersandung bisa sesederhana membuktikan kepada mereka bahwa mereka tidak tahu apa yang mereka bicarakan. Pada akhirnya, imposter syndrome akan menelan mereka dan membuat mereka kebingungan.


    CAPRICORN

    Pertama-tama, selamat. Capricorn dikenal sangat sabar, tenang, dan terlindungi. Tak seperti kebanyakan zodiak lainnya, menghancurkan argumen mereka akan sama rasanya seperti membongkar dinding bata. Yang berarti, kamu harus sampai pada akar argumen mereka. Tetaplah berkepala dingin dan jangan jadi emosional. Kalau kamu dapat memutus akar poin mereka, maka keseluruhan menara argumennya akan runtuh.


    AQUARIUS

    Masalah para Aquarius adalah poin mereka sedikit terlalu terpusat pada masa depan, yang berarti mereka seringkali melewatkan realitas situasi saat ini. Mereka mengelilingi diri mereka di sekitar yes-men dan berbagi perspektif bersama, dan cara terbaik untuk mengalahkan argumen mereka adalah dengan mempelajari apa yang tak dibahas oleh komunitas mereka. Carilah argumen yang tetap bertahan meski waktu terus berputar, dan bersiaplah untuk menjatuhkan ide mereka mengenai sebuah argumen lama.


    PISCES

    Pisces adalah makhluk yang sangat manis dan beritikad baik. Jadi cara terbaik untuk berdebat dengan mereka adalah memaksa mereka untuk tetap berdiri di atas perspektif mereka dan menelan kenyataan pahit atas kodrat manusia. Sama seperti Aquarius, Pisces juga bisa begitu idealistis. Karena itu, argumen mereka berisiko menjadi imajinatif dan tidak praktis. Identifikasi sisi argumen mereka yang sulit diwujudkan, dan mereka akan merasa seperti ikan yang terpancing keluar dari laut.


    (Artikel ini disadur dari cosmopolitan.com / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Alvin Yoga / Image: Dok. Cosmopolitan US)