Celebrity

DIRA Gandeng Produser Red Velvet dan NCT di Single Terbaru

  by: Alexander Kusumapradja       27/10/2021
  • Setelah merilis ulang album debutnya yang berjudul Something About The Girl pada bulan September 2021 lalu dan ikut membintangi film A World Without di Netflix yang rilis Oktober ini, kini penyanyi dan aktris Dira Sugandi baru saja merilis single terbarunya yang berjudul “Back In Time” yang diproduseri oleh Harvey Mason Jr., penulis dan produser lagu terkenal Amerika Serikat yang kini juga menjabat sebagai CEO dari The Recording Academy, organisasi industri musik Amerika Serikat di balik perhelatan Grammy Awards setiap tahunnya.

    Banyak hal spesial yang terdapat di rilisan terbaru perempuan kelahiran Bandung, 29 Juli 1979 tersebut. Pertama, kini ia ingin lebih dikenal dengan nama DIRA saja yang bukan tanpa alasan. Dalam presscon virtual peluncuran single ini, DIRA mengaku kalau selama ia berkolaborasi dengan penyanyi internasional dan tampil di panggung mancanegara, banyak orang asing yang kesulitan melafalkan nama belakangnya, jadi daripada kesal mendengar namanya salah diucapkan, ia pun memilih memakai nama depannya saja.

    View this post on Instagram

    A post shared by DIRA (@dirasugandi)



    Proses rebranding-nya pun tak cuma sebatas nama, tapi juga warna musik yang berbeda. Kalau selama ini kita mungkin mengidentikkan Dira dengan lagu-lagu jazz dan vokal powerful yang megah di konser-konser besar, di single terbaru “Back In Time “ ini, DIRA menunjukkan appeal yang berbeda di genre R&B kekinian.


    “Sebetulnya aku memang suka banget sama genre musik R&B, it’s always been my most favorite genre, tapi belum pernah dapat kesempatan untuk lebih eksplor di situ. Nah, sekarang alhamdulillah ada kesempatan untuk kerjasama dengan Harvey Mason Jr. yang memang background musiknya lebih ke R&B dan banyak memproduseri artis dan album R&B, so why not lebih eksplor ke arah situ. Jadi musiknya dibuat up-to-date, modern, dan vokal aku juga dibuat beda dari biasanya. Hopefully pendengar masih bisa mengenali karakter DIRA tapi dengan sisi yang berbeda dari yang pernah mereka dengar sebelumnya,” ungkapnya.

    Single ini sendiri diproduksi di Bill Schnee Studio Los Angeles dengan menggandeng Harvey Mason Jr. sebagai produser. Sosok peraih 5 nominasi Grammy ini bukan sosok sembarangan di industri musik karena telah banyak memproduksi lagu untuk nama-nama terkenal mulai dari Beyoncé, Britney Spears, Chris Brown, sampai ke artis-artis K-Pop seperti EXO, Red Velvet, Taemin, dan NCT. Tapi baru kali ini lah beliau bekerjasama dengan penyanyi Indonesia yang membuat DIRA resmi menjadi penyanyi Indonesia pertama yang diproduseri oleh produser kawakan tersebut.

    “Alasan aku memilih Harvey sebagai produser di proyek terbaru kali ini adalah karena aku sudah familiar dan benar-benar kagum dengan karya-karya yang pernah ia buat sebelumnya. Dan juga penyanyi yang telah diproduseri dan bekerjasama dengan dia, sebagian besar yang aku idolakan juga, and I really like the works they’ve done with him. Kedua, aku juga punya hubungan baik dengan ayahnya (Harvey Mason Sr.) karena sudah pernah kerjasama bareng di Java Jazz, jadi dari pertama pun rasanya seperti sudah kenal lama dengannya walau baru pertama kali bertemu di Los Angeles. So it’s really important for me untuk punya koneksi dan kenyamanan dalam hubungan kerjasama,” jelas DIRA tentang alasannya bekerjasama dengan Harvey Mason Jr.



    Uniknya, walaupun produksinya dilakukan di Amerika Serikat, tapi untuk keperluan visual artwork dan video musiknya, DIRA tidak lupa mengajak talenta-talenta asal Indonesia juga. Dalam video musik “Back In Time” yang disutradarai oleh Adam Grenley dan konsep dari FAB Sugar n’ Spice, DIRA menggandeng Kesya Moedjenan sebagai fashion stylist dan memakai rancangan desainer Indonesia seperti Renzi Lazuardi, Raegitazoro, Bima Wijaksana, Untaian Asa, dan House Of Jealouxy. Untuk urusan makeup, DIRA pun mempercayakannya pada Hendra Nasril, seorang makeup artist asal Indonesia yang tinggal di Los Angeles.

    Singing has always been my passion. But what I can do beyond singing with my voice is what inspires me and keeps me humbled. Indonesia punya banyak sekali orang-orang kreatif terbaik di dunia, dan aku percaya kita bisa membuat impact besar di panggung dunia lewat kolaborasi kreatif. Semoga setelah dirilis lagu ‘Back In Time’ ini aku bisa menunjukkan personal sound DIRA itu seperti apa dan lagunya bisa berkenan di hati. Mudah-mudahan pesan yang ingin disampaikan bisa diterima oleh pendengar dan bisa mengenal sisi lain DIRA yang belum pernah mereka dengan sebelumnya,” pungkas DIRA.

    Single “Back In Time” sendiri sudah bisa didengar di berbagai platform musik dari tanggal 26 Oktober kemarin sementara untuk musik videonya akan dirilis pada tanggal 29 Oktober mendatang. Nah, kira-kira kamu bakal suka nggak nih dengan sisi DIRA yang berbeda dari biasanya? 


    (Alexander Kusumapradja / Image: dok. DIRA)