Beauty

Ini Dia 11 Cara Mengatasi Kulit Kepala Gatal!

  by: Astriana Gemiati       28/10/2021
  • Jika kulit kepala gatal telah membuat kamu merasa tidak nyaman, ada beberapa cara untuk mengatasinya. Cosmo berbicara dengan Expert TrichologistSara Allison, dan Tom Brooks, Chemist & Head of Research and Development di Leonor Greyl, untuk mendapatkan semua saran ahli tentang cara mengatasi rasa kulit kepala yang gatal…


    1. Ganti sampo kamu

    Sampo dengan surfaktan (deterjen) sodium laureth sulfate atau sodium lauryl sulfate (singkatnya keduanya SLS) mungkin cukup berbusa, tetapi juga sangat mengeringkan kulit kepala. "Mereka bahkan dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi, terutama jika tidak diformulasikan bersama bahan-bahan tertentu yang dapat menetralisir iritasi," kata Tom Brooks. Cukup beralih ke sampo bebas SLS untuk bantu menghentikan kamu menggaruk dalam hitungan hari.




    2. Selalu bilas rambut

    "Selalu selesaikan sesi sampo dan pengkondisian kamu dengan bilas air dingin ─dan, diamkan beberapa menit," saran Tom. Saat itulah rambut kamu, secara harfiah, tampak kuat.



    3. Bahan silikon

    "Silikon tidak menembus kulit, tetapi membentuk penghalang pada kulit atau rambut kamu yang menghalangi penetrasi bahan lain. Penggunaan berlebihan dapat membebani rambut dan berpotensi mencekik kulit kepala kamu, yang jelas tidak baik untuk kesehatannya," memperingatkan. Tom. Kamu akan menemukan silikon dalam banyak sampo, kondisioner, dan serum yang menghaluskan dan meluruskan; cari kata-kata dalam daftar bahan yang diakhiri dengan –methicone.



    4. Hindari bahan-bahan jenis lem atau resin

    "Bahan-bahan jenis lem atau resin (biasanya kamu akan menemukannya dalam produk hairspray serta produk penata rambut penambah volume dan pengeriting) yang dapat memicu gatal di kulit kepala juga, jika tidak dicuci secara teratur," kata Tom. Gunakan sampo SLS free clarifying seminggu sekali.


    5. Gunakan hair oil

    "Seperti halnya kulit di bagian tubuh lainnya, rasa kering, dan gatal bisa disebabkan oleh kurangnya kelembapan dan minyak, baik dalam makanan kamu maupun dioleskan," kata ahli trikologi Sara Allison. Makan banyak lemak sehat (kacang, alpukat, ikan berminyak) dan berinvestasi dalam masker pelembap biasa atau perawatan minyak untuk rambut dan kulit kepala kamu. 


    6. Jangan putus asa

    "Batasi pemakaian topi atau wig sebanyak mungkin; berlebihan dapat menyebabkan kekurangan oksigen ke kulit kepala dan menyebabkan berbagai masalah kulit kepala," kata Tom.


    7. Sisir rambut kamu

    Jika kamu sudah mencoba semua hal di atas dan kulit kepala kamu masih mengelupas, dipastikan kamu mengalami ketombe, yang pada dasarnya berarti kulit kepala kamu memproduksi sel-sel kulit baru secara berlebihan dan membuang sel-sel lama yang berlebihan. Jika kamu tidak menyikat rambut dan kulit kepala secara teratur, coba lakukan ini setiap hari, karena membantu penumpahan sel-sel kulit dan dalam beberapa kasus dapat memperbaiki situasi.





    8. Eksfoliasi kepala kamu

    Atau, bantu meluruhkan sel seminggu sekali dengan mengelupas kulit kepala seperti yang kamu lakukan pada wajah. Kamu bisa menggunakan scrub kulit kepala, tetapi produk yang mengandung enzim buah atau salicylic acid (yang keduanya mengelupas sel-sel mati tanpa digosok) adalah pilihan yang paling lembut.


    9. Mengobati ketombe

    Pengelupasan yang terus-menerus dan terlalu antusias dapat disebabkan oleh produksi ragi yang berlebihan atau infeksi jamur, itulah sebabnya sebagian besar sampo ketombe yang dijual bebas mengandung bahan antijamur atau antimikroba seperti zinc pyrithione, coal tar, tea tree oil, piroctone olamine atau ketoconazole. Sayangnya, sebagian besar sampo ini juga mengandung SLS. 


    10. Konsisten

    "Jika kamu memiliki serpihan berminyak, dan bercak merah berminyak yang ditutupi dengan sisik putih atau kuning di kulit kepala (atau bahkan di tempat lain), kamu menderita seborrheic dermatitis," kata Sara. "Ini disebabkan oleh kuman ragi yang memakan sebum berlebih, dan dipicu oleh respons alergi terhadap stres, kosmetik, atau makanan." Kurangnya kebersihan dapat menyebabkan kondisi ini juga, tetapi kamu harus sangat kotor agar hal itu terjadi. Ini bisa datang dan perg, serta dapat diobati dengan sampo ketombe –tetapi kamu harus menggunakannya secara konsisten agar ketombe hilang. Jika sampo ketombe tidak akan bekerja setelah penggunaan beberapa minggu, temui dokter umum atau trichologist karena kamu mungkin memerlukan perawatan resep yang lebih kuat.


    11. Temui seorang ahli

    "Jika kulit kepala kamu sangat terkelupas dan kering, kamu mungkin menderita psoriasis," kata Sara. "Ini adalah kondisi auto-imun yang bisa bersifat genetik, dengan pemicu yang mirip dengan seborrheic dermatitis. Dengan psoriasis, sel akan memperbarui setiap minggu, bukan setiap bulan, menciptakan penumpukan besar sel yang tumpang tindih. Mereka memblokir folikel, menghambat penetrasi sel. sebum pelembap kamu sendiri serta minyak kosmetik dan lotion, itulah sebabnya kulit kepala terasa sangat kering." Sampo anti-ketombe biasa mungkin bukan pilihan yang tepat untuk kondisi ini, jadi jika kamu menduga menderita psoriasis, yang terbaik adalah mencari nasihat profesional.




    (Artikel ini disadur dari www.cosmopolitan.com/uk / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih bahasa: Astriana Gemiati / Image: Dok. Freepik, GIPHY.com)