Better You

Kenali Bahaya Stres Bagi Penampilan Anda

  by: Redaksi       8/11/2011
  • Dampak stres bagi kesehatan memang sangat berbahaya, bahkan bisa berakibat stroke atau sakit jantung karena tekanan darah yang meningkat. Selain berbahaya bagi kesehatan, ternyata stres juga memiliki dampak yang akan membuat penampilan semakin tampak tidak menarik lho. Simak hasil investigasi Cosmo berikut ini ya, ladies...

    Stres Memicu Kerontokan Rambut



    Menurut Trisha Buller, spesialis rambut dan kulit kepala (atau yang biasa disebut trichologist), stres menyebabkan tubuh melepaskan zat kimia yang mengirimkan pesan ke akar rambut agar rambut masuk ke dalam fase “istirahat”. Tentunya ini akan berdampak buruk bagi siklus pertumbuhan rambut. "Jika stres berlangsung secara terus-menerus, maka lama-kelamaan rambut mulai menipis dan rontok," jelas Buller.

    Stres Memicu Bau Mulut

    Ternyata ada hubungan erat lho antara stres dan bau mulut. Stres ternyata berkaitan erat dengan masalah gigi dan mulut seperti dry mouth syndrome, sebuah kondisi di mana mulut kering karena berkurangnya air liur. Kondisi mulut kering inilah yang akan mengakibatkan bau mulut tak sedap, apalagi jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut.



    Stres Memicu Obesitas

    Mungkin Anda heran kenapa saat mengalami stres, Anda cenderung memilih makanan yang mengandung banyak lemak dan gula. Ternyata menurut hasil studi Bonnie Taub-Dix, seorang ahli penurunan berat badan dan salah satu pembicara wanita di American Dietetic Association, hal ini berkaitan dengan hormon serotonin dalam tubuh. "Karbohidrat yang Anda makan meningkatkan kadar serotonin," jelas Taub-Dix. Serotonin sendiri merupakan hormon yang dapat menurunkan tingkat depresi.

    Stres Memicu Keriput Dini Pada Kulit

    Ternyata ada korelasi langsung antara stres dan penuaan dini lho. Dr. Art Papier, seorang ahli kulit dari New York, menjelaskan bahwa stres dapat membuat tingkat hormon kortisol meningkat sehingga merusak kolagen dan menyebabkan peradangan pada sel kulit. Sehingga hasilnya, jangan heran jika akan bermunculan keriput dini di wajah Anda.(Calvin Hidayat/SL/Gambar: Dok. Cosmo)