Better You

Cara Cosmo Menghindari Insomnia

  by: Redaksi       15/11/2011
  • Ketika jam tidur menjadi berantakan, wajah pun menjadi tampak lesu dan tak segar, konsentrasi menurun, dan aktivitas terganggu. Ughhh... Bahkan menurut bermansexualhealth.com, insomnia juga bisa mengakibatkan gairah seks menurun lho, yang akan mengancam kualitas aksi intim Anda bersama pasangan. So, bila saat ini Anda sedang mengalami gangguan tidur, ikuti kiat-kiat Cosmo berikut untuk menghadapinya.

    Atur Kamar Supaya Nyaman

    Darling, coba deh untuk membuat ruang tidur Anda memiliki suasana yang tenang dan gelap. Gunakan bantal yang empuk dan selimut untuk membuat tubuh Anda tetap hangat. Jangan lupa untuk mengatur suhu kamar agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Selain itu, hindari kegiatan yang dapat membuat Anda tetap terjaga, seperti menonton televisi, mendengarkan musik di MP3 player, dan bermain dengan smartphone ataupun tablet PC.



    Kembangkan Rutinitas Waktu Tidur

    Sebelum tidur, coba deh untuk membaca buku, atau bisa juga melakukan aktivitas yang produktif namun monoton seperti menjahit. Jangan lupa untuk mengunci kamar, menggosok gigi, dan berada di tempat tidur di jam yang sama setiap harinya, agar otak dan tubuh Anda menjadi terbiasa dengan jam tidur. Di siang hari, betapa pun mengantuknya, jangan tidur siang! Karena hal ini dapat mengurangi kualitas tidur malam Anda.

    Rilekskan Tubuh Dengan Nyaman



    Biasakan mandi dengan air hangat sebelum menuju tempat tidur. Ini ampuh sekali untuk mengurangi ketegangan otot-otot tubuh. Sebisa mungkin hilangkan semua kecemasan yang menganggu, kembangkan sikap bahwa yang sudah terjadi biarlah terjadi, karena Anda masih punya hari esok untuk dijalani. Selain itu menggunakan aroma therapy di dalam kamar yang akan membuat Anda mengantuk seperti lavender atau sandalwood juga dapat membantu lho.

    Hindari Konsumsi Kafein

    Setelah jam makan siang, jauhi minuman seperti kopi, teh, dan berbagai macam soft drink sarat stimulan yang bisa membuat Anda tetap terjaga. Well, jika Anda harus mengonsumsi obat, cobalah untuk melihat komposisi kandungannya. Minta dokter Anda obat-obatan yang bebas dari kafein. Namun jika setelah tiga minggu Anda masih saja memiliki gangguan tidur, segera hubungi dokter untuk treatment spesifik yang bisa mengatasi gangguan tidur Anda. Good luck ladies! (Calvin Hidayat/SL/Gambar: Dok. Google)