Love & Sex

Ketika Ingin Hubungan yang Serius, Tapi Pasangan Tidak

  by: Redaksi       16/11/2011
  • Dear, Cosmo

    Saya dan pasangan sudah menjalin hubungan selama 6 tahun. Saya ingin sekali melanjutkan hubungan ini ke arah yang lebih serius. Namun, lantaran pasangan ingin menjalani kariernya terlebih dahulu, ia meminta saya untuk menundanya. Orang tua saya sudah seringkali menegaskan saya untuk memintanya segera melamar. Tapi saya tak bisa memaksakan jika pasangan saya ingin melakukannya saat ia merasa siap. Apa yang harus saya lakukan? I need your advice!

    Thanks!



    Lolita, 27 tahun

     

    Answer

    Dear Lolita,



    Wow, 6 tahun? Selamat untuk bisa tetap langgeng selama itu. Tapi...  mau sampai kapan?

    Ada dua pilihan. Pertama, bertahan dan berkarier. Kalian bisa memiliki  keuntungan lebih siap dalam hal finansial, tentu saja. Namun, bisakah  ia tidak tergiur pada wanita lain? Tantangannya, terus mempertahankan dirinya seiring meningkatnya jabatannya (dan mungkin jabatan Anda). Ingat, semakin sukses, semakin banyak kenal orang dan lain jenis. Bisa jadi bukan dia, tapi Anda yang tergiur karena Anda "jenuh" misalnya. Belum lagi tuntutan keluarga.

    Kedua, hmmm... apakah si dia takut komitmen? Jika serius, coba bicara mengenai pertunangan. Kalau ia selalu menghindar dan seperti tidak mau membicarakan hal ini, bisa jadi ia tipe pria yang memang takut berkomitmen. Berikan opsi padanya mengenai tenggat waktu yang bisa didiskusikan bersama, misalnya dalam satu atau dua tahun ke depan mau dibawa ke mana. Juga tahapan menuju ke arah yang lebih serius, misalnya apakah sebelum menikah ingin membeli rumah dahulu? Jika ia tidak tertarik, lupakan. Atau jika lewat batas waktu tetap saja  menghindar. Well, he is so Mister Wrong.

    Dengar Cosmo, my dear. You are beautiful, you can make a decision!  
    Anda tahu apa yang bisa buat Anda bahagia.

    All the best!

    Fira Basuki