Better You

Stand Out Among Male Colleagues

  by: RedaksiCosmopolitan       6/11/2012
  • Sebagai fun and fearless female, tidak ada lagi yang membatasi Anda untuk menanjaki karier seperti yang Anda impikan. Apalagi jika hanya masalah kapabilitas berdasarkan gender. Kini kemampuan wanita sudah dianggap setara dengan pria, dear. Maka tidak perlu merasa terintimidasi lagi apabila harus bekerja dalam lingkungan kerja yang  didominasi kaum adam. Cosmo akan berikan tipnya untuk bisa bersinar diantara rekan kerja pria. Simak!

    Inisiatif Seperti Pria
    Ladies, sementara kita hanya duduk diam dan menunggu untuk diberikan apa yang menjadi hak dan kewajiban kita, para pria sudah lebih dulu aktif mencari apa hak dan kewajiban mereka. Ubah mindset Anda dan berinisiatiflah seperti para pria. Ingat, para bos biasanya akan terlalu sibuk untuk memerhatikan kecuali Anda yang berinisiatif menonjolkan diri diantara yang lain.

    Bersosialisasi
    Para pria kebanyakan terbuka terhadap pertemanan dan gampang akrab dengan siapa saja. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda ikut  bersosialisasi dengan mereka, tidak hanya di dalam kantor melainkan juga di luar kantor. Jangan jadikan diri Anda sebagai rival, tetapi bertemanlah dan pastikan Anda berada di sisi mereka. Dengan demikian, Anda bisa berkompetisi secara sehat dalam pekerjaan.



    Jangan Cepat Tersinggung
    Ya, kita semua tahu pria suka bercanda dan punya pikiran terbuka. Maka persiapkan diri Anda. Coba untuk bersantai dan ikut bercanda bersama mereka dan sebisa mungkin jangan mudah tersinggung. Be part of them, dan Anda pun akan mendapat kepercayaan mereka ketika mereka sudah merasa nyaman berada di dekat Anda. Why so seriuos?



    Jangan Jadi ‘Yes Woman’
    Boleh saja sih berinisiatif seperti pria, tapi jangan juga terlalu memaksakan diri hanya untuk dianggap sebagai karyawan yang baik. Semua orang punya batasan masing-masing, begitu juga Anda. Jadi jangan takut untuk sesekali mengatakan ‘tidak’ di kala Anda benar-benar sedang merasa tidak sanggup untuk menanggung pekerjaan lebih banyak lagi. Anda bisa menunjukkan kemampuan dengan memberikan yang terbaik di setiap pekerjaan yang Anda lakukan. Si bos pun pasti segera menyadari potensi Anda. (Amanda Utari/IR/Image: Wavebreak Media/Thinkstock)