Love & Sex

Anda Bicara, Ia Pun Mendengarkan

  by: Febrina       8/11/2012
  • Ladies, setiap pasangan pasti pernah mengalami yang namanya miscommunication, ya kan? Lantas bagaimana cara membuat komunikasi Anda dan si dia berjalan dua arah? Tenang dear, Cosmo punya strategi bicara untuk kelancaran berkomunikasi. Simak!

    Perhatikan Omongannya
    Well, dasar dari komunikasi yang baik adalah to pay attention while the other person is speaking. Anda akan sulit untuk menangkap apa maksud si dia kalau Anda tidak memperhatikan ucapannya, bukan? Menaruh perhatian pada saat ia berbicara juga merupakan bahasa tubuh bahwa Anda menghormati pandangannya. Jadi, jangan malas untuk menyimak ya dear.

    Pastikan Anda Mengerti
    Walaupun sudah menyimak, Anda masih mungkin lho mengalami miscommunication. Untuk menghindari hal ini, konfirmasi padanya dengan mengulangi perkataannya. Ini bisa membantu Anda menangkap maksudnya secara tepat.



    Saling Beri Feedback
    Komunikasi yang baik terjadi dua arah, karena itu Anda diharapkan memberi respons terhadap ucapannya. Tapi ingat dear, sebelum memberi balasan, pikirkan dulu sudut pandang dari kedua belah pihak. Jangan hanya mengambil kesimpulan dari sudut pandang Anda seorang saja.



    Pernyataan 'Saya'
    Pikirkan baik-baik apa yang akan keluar dari mulut Anda. Kalau kira-kira pendapat Anda bisa memancing emosi atau menimbulkan kesalahpahaman, lebih baik ingat-ingat jurus Cosmo ini: gunakan pernyataan 'saya', dan bukannya langsung menuduh 'kamu'. Misalnya katakan, “Saya merasa akhir-akhir ini kita kurang cukup waktu bersama”, bukannya “Kamu selalu saja tidak punya waktu untuk kita”. Dengan demikian, si dia akan lebih mudah menerima pesan yang Anda  sampaikan. (Amanda Utari/SW/Image: iStockphoto/ThinkStock)