Better You

Cara Mudah Mengontrol Amarah

  by: Febrina       26/11/2012
  • Meski termasuk orang yang tidak mudah terpancing emosi, tetap saja akan ada saatnya di mana Anda kehilangan kontrol dan amarah pun terpaksa meledak. Hmm, menurut Cosmo, kemampuan mengendalikan amarah sangat penting lho. So, demi meningkatkan hubungan baik Anda dengan keluarga, teman, dan kolega, intip tip Cosmo berikut!

    Calm Down, Dear!
    Orang yang mempunyai masalah dengan anger management cenderung bereaksi spontan, tanpa meluangkan waktu untuk mempertimbangkannya terlebih dahulu. Maka alangkah lebih baik jika Anda meluangkan waktu sejenak sebelum memutuskan untuk bertindak. Gunakan waktu yang Anda punya untuk memikirkan konsekuensi yang akan terjadi saat Anda marah. Cara ini diyakini menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatur kadar kemarahan.

    Thinking Rationally
    Di saat Anda merasa akan kehilangan kesabaran, cobalah untuk tetap fokus. Pejamkan mata sejenak, dan mulailah berpikir rasional. Gunakan nalar Anda untuk mengobati otak yang sedang terluka. Jika perlu, ucapkan di dalam hati: "Saya tidak akan kehilangan kesabaran" beberapa kali, sehingga pesan tersebut tertanam di otak.



    Listen First
    Bila tengah dihadapkan dengan seseorang yang berpotensi memancing amarah Anda, cobalah untuk mendengarkan dan berempati terhadap mereka. Belajar untuk memahami konflik dari sudut pandang yang berbeda, sehingga orang lain pun akan lebih menghargai dan terbuka karena Anda sudah meluangkan waktu untuk mendengarkan.



    Be Objective
    Meskipun sedang berselisih paham dengan seseorang, usahakan untuk tidak mudah tersinggung. Jangan sampai hanya karena masalah pribadi, Anda berubah menjadi lebih subjektif. Cobalah untuk tetap obyektif dalam segala situasi, maka automatically Anda akan terlatih untuk lebih ahli dalam mengendalikan amarah. (Febrina/SL/Image: iStockphoto/ThinkStock)