Better You

Tip Menjaga Berat Badan Selama Liburan

  by: Redaksi       26/11/2012
  • Tanpa terasa liburan akhir tahun sudah ada di depan mata! Well, itu artinya rencana liburan sudah harus tersusun dengan rapi. But wait, sebelum hari itu benar-benar datang, Anda harus baca dulu tip dari Cosmo berikut. Ini penting untuk menjaga berat badan Anda tetap stabil selama masa liburan. Simak!

    Batasi Konsumsi Alkohol
    Bagi banyak orang, liburan adalah waktu yang tepat untuk minum-minum dan berbagi kegembiraan bersama sahabat dan kolega. It's okay, dear, tapi ingat, kontrol asupan alkohol yang masuk ke tubuh Anda. You should know, selain setiap gelasnya mengandung 200 kalori, alkohol juga dapat mengurangi jumlah pembakaran lemak di tubuh Anda, lho.

    Kurangi Menu Makan
    Menjaga jumlah menu di meja akan mengurangi asupan makanan Anda hingga 29 persen. So, semakin sedikit makanan yang tersedia di depan mata otomatis akan semakin sedikit makanan yang Anda konsumsi. Cosmo sangat menyarankan Anda untuk mempraktekannya saat masa liburan nanti.



    Atur Waktu Tidur
    Anda harus tahu bahwa tidur merupakan faktor utama dalam mengontrol berat badan. Orang yang tidur terlalu sedikit—lima jam atau kurang setiap malam—akan mempunyai lemak perut 2 ½ persen lebih banyak dari mereka yang tidur enam sampai tujuh jam. Tapi jika Anda tidur lebih dari delapan jam sehari, maka lemak perut Anda juga akan meningkat sebanyak dua kali dibandingkan mereka yang tidur sebanyak enam sampai tujuh jam.

    Optimalkan Waktu Menonton TV
    Saat liburan, waktu Anda untuk menonton TV tentu akan lebih banyak. Nah, biasanya sesi nonton TV akan akan terasa kurang lengkap tanpa adanya camilan. Menurut penelitian, bahkan banyak orang tidak peduli dengan rasa popcorn yang sebenarnya sudah sedikit basi (gross!) lantaran sudah menjadi suatu kebiasaan untuk menonton film bersama dengan sekotak popcorn di tangan. Nothing wrong with snacking, tapi coba imbangi dengan sesi beraktivitas fisik di luar rumah, seperti berjalan kaki keliling kompleks atau berkebun. (Febrina/SL/Image: iStockphoto/ThinkStock)