Better You

Penderita Diabetes Gestasional Tetap Bisa Melahirkan Normal

  by: Hagi       8/11/2013
  • Anda terkena diabetes gestasional dan tetap ingin melahirkan normal? Tentu saja bisa, asal perkiraan berat badan bayi tidak lebih dari 4000 gram dan tidak ada kontra-indikasi lainnya. Tanyakan pada dokter kandungan Anda, ya!

    Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisasi risiko pada janin. Jika Anda sudah dinyatakan menderita diabetes gestasional, hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah menjaga kadar gula darah agar tetap dalam batas normal. Jangan malas untuk mengecek kadar gula darah semasa hamil. Setelah melahirkan, susui bayi Anda. Selain baik untuk tubuh Anda, menyusui juga sudah pasti membawa manfaat baik untuk bayi. ASI punya efek positif dalam metabolisme glukosa dan bisa menurunkan risiko obesitas serta diabetes pada anak.
    Ingatlah bahwa anak Anda mempunyai risiko menjadi obesitas saat masih anak-anak maupun sudah dewasa yang lebih besar dibanding anak lain. Hal ini diiringi dengan risiko terkena penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu menjaga pola hidup sehat sedari kecil sangat penting. Dengan kebiasaan hidup sehat sekeluarga, maka Si Kecil akan meniru dan otomatis melindungi dirinya dari risiko penyakit berbahaya. Jangan lupa untuk menjaga anak tetap aktif, bermain di luar rumah ketimbang duduk manis di depan televisi atau gadget. Pastikan juga dokter anak Anda mengetahui riwayat diabetes gestasional saat Anda mengandung.

    Stay healthy, mommies!



    (Sazkia Ghazi/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)