Better You

Alasan Anda Selalu Merasa Lelah

  by: Redaksi       12/11/2013
  • Anda sudah cukup berisitirahat tetapi tetap merasa kelelahan? Bagaimana bisa? Rupanya, ada alasan-alasan lain—selain kurang istirahat—yang membuat tubuh terasa lelah. Yuk, simak.

    Dehidrasi
    Dalam hasil penelitian yang dirilis The Journal of Nutrition tahun 2012, wanita sehat yang tidak berhasil mengganti bahkan hanya 1,5% masa air dalam tubuhnya mengalami mood swing dan juga kurang energi. Mungkin saja, Anda merasa lelah terus menerus adalah akibat dari kurangnya cairan tubuh.

    Kurang Vitamin B12
    Tubuh memerlukan vitamin B12 untuk membantu membentuk sel darah merah yang berungsi mengirimkan oksigen ke dalam otak. Tidak heran jika tubuh Anda mudah lelah jika kekurangan vitamin B12. Konsumsi lebih banyak makanan yang berasal dari hewan untuk menambah asupan vitamin B12.

    Kurang Olahraga
    Alasan lain kenapa tubuh Anda gampang lelah adalah kurangnya olahraga. Ketika Anda berolahraga, denyut jantung bertambah cepat seiring juga aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh. Sebaliknya, jika kurang berolahraga maka tubuh akan terasa lelah, pegal, dan tidak bertenaga.





    Terlalu Stres
    Terlalu banyak beban aktivitas yang bisa menyebabkan stres akan menguras tenaga maupun pikiran Anda, sehingga berujung pada kelelahan. Mulai atur pekerjaan Anda dengan baik dan seimbangkan dengan istirahat yang cukup, maka Anda pun bisa mengucapkan selamat tinggal pada tubuh lelah! (Amanda Utari/IR/Image: iStockphoto/ThinkStock)