Better You

Hindari Hidangan Terlarang Berikut Setelah Makan

  by: Adya Azka       25/11/2013
  • Selesai menyantap hidangan utama, Anda pasti akan menyerbu minuman dingin dan buah-buahan segar. Padahal kedua hal tersebut cukup berisiko lho jika disantap setelah makan. Berikut daftar hidangan terlarang lainnya.

    Teh
    Meminum teh setelah makan memang sangat cocok ya, ladies. Namun ternyata, kandungan tannin dan polifenol di dalamnya dapat menghambat penyerapan zat besi. Efek buruknya, Anda dapat mengalami anemia atau kekurangan darah. Selain itu, meminum teh langsung setelah makan juga membuat makanan sulit dicerna. Sebaiknya, berikan jeda dua jam sebelum dan setelah makan untuk meminum teh.

    Air Es
    Air es memang menjadi penyegar setelah selesai menyantap hidangan utama. Namun, jika Anda tidak memberikan jeda waktu antara makan dan minum air es, Anda bisa terkena gangguan pencernaan. Suhu dingin dari air tersebut dapat membekukan makanan berlemak yang telah disantap sebelumnya sehingga akan timbul lemak di usus yang berakibat pada gangguan pencernaan. Selain itu, air es juga membuat perut kembung makanya tak heran kalau setelah minum air es Anda merasa lebih cepat kenyang.



    Buah-buahan
    Salad buah biasanya disajikan dan disantap sebagai hidangan penutup. Padahal, sebaiknya buah-buahan disantap sebelum makan. Hal itu karena tubuh tidak dapat menyerap nutrisi yang terdapat di dalam buah dengan sempurna. Makan buah jeruk setelah makan udang juga berbahaya lho. Kandungan vitamin C di dalam jeruk akan bereaksi terhadap udang sehingga menyebabkan keracunan arsen.



    Jus Buah
    Jus buah ternyata memiliki dampak buruk jika diminum setelah menyantap karbohidrat dan makanan berlemak. Hal ini karena jus buah yang bersifat basa akan mengganggu proses pencernaan. Tak hanya itu saja, produksi asam lambung juga akan meningkat sehingga membuat Anda merasa kembung dan lambung terasa perih. Sebaiknya, minum jus sebelum menyantap makanan berat. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)

    tags: sarapan, terlarang, es, air, teh