Better You

5 Perawatan Head to Toe Saat Musim Hujan

  by: Adya Azka       25/11/2013
  • Musim hujan telah tiba, dan permasalahan seperti rambut rontok, kondisi badan yang menurun, hingga kulit kering menjadi beberapa hal yang sering dikeluhkan wanita. Untuk mencegah hal tersebut, Cosmo berikan lima jenis perawatan yang tepat dilakukan saat musim hujan.

    Perawatan Rambut
    Rambut rontok menjadi salah satu masalah menyebalkan yang sering dialami wanita, terutama saat musim hujan. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan perawatan mingguan seperti creambath atau hairspa dengan bahan dasar lidah buaya, lemon, atau gingseng. Selain itu, melakukan head massage juga sangat penting karena dapat melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari rambut rontok, berketombe, dan berminyak.

    Perawatan Wajah
    Kulit wajah yang kering? Oh no! Karena itu, hindari membersihkan wajah dengan air hangat karena akan membuatnya lebih kering. Selama musim hujan, sebaiknya berikan pelembab yang cukup untuk wajah dan hindari penggunaan makeup yang tebal. Biarkan kulit wajah Anda bernafas, dear. Ada baiknya Anda juga menggunakan masker wajah sebanyak dua kali seminggu. Masker berbahan dasar buah seperti stroberi sangat dianjurkan untuk membuat kulit Anda tetap bersinar saat pergantian musim.



    Perawatan Tubuh
    Tiada yang lebih pas selain menikmati hot stone massage pada saat musim hujan. Cuaca dingin terkadang membuat otot terasa nyeri dan stres. Oleh karena itu sentuhan batu yang hangat ditambah pijatan dari terapis membuat tubuh lebih relaks dan hangat. Selesai melakukan perawatan tubuh, jangan lupa mengoleskan lotion dan sunblock ke seluruh permukaan kulit.



    Perawatan Kaki
    Bagian tubuh yang satu ini sering terlewat saat perawatan. Padahal, Anda dapat melakukan perawatan kaki sendiri di rumah lho. Caranya dengan merendam kaki di dalam air hangat yang telah ditaburi garam untuk memudahkan pengelupasan kulit mati pada kaki. Selanjutnya, Anda dapat mengoleskan pelembab pada kaki hingga ke sela-sela jari kaki sekaligus memberikan pijatan-pijatan ringan sebelum tidur. Saat musim hujan, Cosmo sarankan Anda tidak terlalu sering menggunakan sepatu tertutup untuk menghindari perkembangbiakan jamur.

    Perawatan dari Dalam
    Tak hanya perawatan dari luar saja yang dibutuhkan tubuh, asupan sehat juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit selama musim hujan. Untuk menghangatkan tubuh, Anda dapat memilih meminum teh hangat yang mengandung antioksidan di dalamnya. Menyantap sup sayuran juga akan membuat tubuh Anda lebih sehat. Yang terpenting, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih ya dear. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)

    tags: perawatan, spa, massage, hot