Better You

5 Serba Serbi Sunblock

  by: Adya Azka       25/11/2013
  • Okay, saatnya berlibur dan “melarikan diri” ke pantai! Anda tentu tak lupa untuk membawa serta sunblock yang memiliki kandungan SPF tinggi. Namun setelah liburan usai, nyatanya kulit tetap terbakar sinar matahari. Hmm, apa yang salah ya?

    Sunblock dan Sunscreen
    Serupa tapi tak sama. Sunblock yang lebih dikenal luas masyarakat memiliki fungsi untuk  memantulkan UVB yang berasal dari sinar matahari. Sementara sunscreen memiliki fungsi yang lebih banyak, yaitu mencegah terpaparnya kulit oleh sinar UVA dan UVB. Penggunaan keduanya memang lebih baik untuk melindungi kulit, namun formulanya akan membuat kulit terasa berminyak dan lengket.

    Pilih Sunblock berdasarkan Jenis Kulit
    Kini ada berbagai jenis sunblock yang ditawarkan di pasaran. Lalu mana yang cocok untuk Anda? Ada baiknya memilih sunblock berdasarkan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, lebih baik menggunakan sunblock free oil. Tabir surya dengan jenis gel atau lotion bisa digunakan oleh si kulit kombinasi. Sementara pemilik kulit kering, Cosmo sarankan untuk memilih sunblock dengan bentuk cream.



    Cara Menggunakan Sunblock
    Bukan hanya wajah lho yang harus Anda lindungi dengan sunblock, namun keseluruhan permukaan tubuh. Sebaiknya gunakan lotion atau pelembab terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan sunblock. Karena sunblock membutuhkan waktu 10 menit untuk meresap, maka pastikan Anda menggunakannya minimal 15 menit sebelum beraktivitas dan aplikasikan ulang setelah dua jam pemakaian.



    SPF Tinggi Belum Tentu Tepat
    SPF atau Sun Protection Factor yang terdapat dalam sunblock kini kian tinggi kandungannya. Tahukah Anda jika angka di belakang SPF menunjukan lamanya waktu efektif sunblock menahan paparan sinar matahari? Misalnya SPF15 kalikan dengan 20 menit berarti 300 menit atau seharusnya sunblock tersebut dapat bertahan hingga lima jam. Hal tersebut karena 20 menit adalah batas toleransi lamanya kulit Anda terkena sengatan sinar UV langsung. Namun, untuk kulit wajah sebaiknya Anda tidak menggunakan SPF lebih dari 50 karena kandungan minyak di dalamnya cukup tinggi.

    Sunblock Kadaluarsa
    Seperti alat kosmetik lainnya, sunblock juga tentu memiliki batas kadaluarsa. Sunblock hanya dapat digunakan setahun sejak pertama kali digunakan. Jika digunakan lebih dari satu tahun, sunblock akan kehilangan fungsinya. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)

    tags: sunblock, pantai, spf