Better You

Time to Back at Work (Bagian 1)

  by: Hagi       26/11/2013
  • Masa cuti Anda usai sudah. Kini saatnya Anda kembali bekerja. Apa saja yang harus dipersiapkan agar Anda tenang meninggalkan Si Kecil? Ikuti saran berikut.

    Pastikan Waktunya
    Catat dalam kalendar tanggal atau hari ketika Anda masuk kantor kembali. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan diri untuk mencari orang yang dipercaya untuk menitipkan Si Bayi. Selain itu, jika bayi Anda ASI eksklusif, maka Anda juga akan lebih mudah mengira-ngira kebutuhan ASI perah (ASIP) yang harus Anda siapkan untuknya saat Anda bekerja.

    Siapkan Pengasuh
    Sebaiknya Anda mulai mempersiapkan pengasuh setidaknya sebulan sebelum Anda kembali bekerja. Saat itu adalah kesempatan Anda untuk mengajarkan dan membiasakan pengasuh “memegang” anak Anda. Akan butuh penyesuaian antara Si Bayi dan orang yang akan menjaganya. Jika Anda memang tak cocok dengan cara kerja pengasuh, Anda masih memiliki banyak waktu untuk mencari penggantinya.  Pastikan ia orang yang Anda percaya dan membuat Anda nyaman.



    Biasakan Diri
    Mulailah membiasakan diri dengan rutinitas Anda di pagi hari ketika Anda bekerja. Setidaknya seminggu sebelum Anda benar-benar kembali bekerja Anda mulai berlatih  mengatur waktu di pagi hari. Buat jadwal kapan Anda harus mandi, sarapan, memompa ASI, memandikan Si Kecil, menyusuinya, dan berbagai hal lainnya. Sehingga, saat hari Anda kembali bekerja benar-benar tiba, Anda sudah tahu pola yang harus Anda ikuti. Libatkan pengasuh dalam hal ini, sehingga ia juga paham apa yang harus dilakukan. Proses membiasakan diri seperti ini akan meminimalisir segala kemungkinan 'kehebohan' terhadap Anda, pengasuh, dan bayi.



    Asupan Si Kecil
    Jika anak Anda ASI eksklusif, Anda harus mulai mempersiapkan stok ASIP setidaknya sejak 1-2 bulan sebelum Anda kembali bekerja. Ajari pengasuh menghangatkan ASIP lalu memberikannya pada Si Kecil. Anda juga harus mulai menentukan media apa yang akan digunakan bayi Anda untuk minum ASIP. Jika anak lain dengan mudah mau minum ASIP menggunakan dot, belum tentu anak Anda juga demikian. Sebab bisa jadi ia justru lebih gampang menggunakan sendok. Kenali apa yang membuat anak Anda nyaman. Begitupun jika anak Anda minum susu formula. Anda harus memastikan pengasuh sudah tahu pasti mengenai takaran, air, dan suhu yang tepat untuk membuat susu. Saat bekerja, Anda pun tak perlu khawatir asupan gizi Si Kecil tak terpenuhi karena semua sudah sesuai aturan yang Anda buat. (Dian Puspitasar/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)

    tags: mom, career, baby