Better You

Time to Back at Work (Bagian 2)

  by: Hagi       28/11/2013
  • Tak terasa tiga bulan waktu cuti pasca melahirkan Anda telah berlalu. Anda pun harus kembali bekerja setelah resmi menjadi ibu. Rasa was-was dan khawatir yang Anda rasakan merupakan hal yang wajar. Namun jangan biarkan perasaan tersebut mengganggu ketenangan Anda saat bekerja, Moms. Persiapkan hal-hal berikut jauh-jauh hari agar Anda nyaman dan tenang saat kembali bekerja dan Si Kecil juga siap ditinggal. Simak!

    Kenali Kebiasaan
    Beberapa hari sebelum Anda mulai bekerja, biarkan pengasuh lebih banyak menjaga bayi Anda. Hal ini untuk membiasakannya agar tahu pasti apa saja kebiasaan Si Kecil. Jam berapa ia tidur dan bangun, apa yang harus dilakukan saat ia bangun tidur atau saat ia bosan, marah, dan rewel. Pengasuh juga harus hapal jadwal Si Kecil minum susu, mandi, bermain, dan lain sebagainya. Biarkan pengasuh mempelajari dengan baik segala tingkah laku dan kebiasaan bayi Anda. Jika ternyata ada beberapa kesulitan atau kendala dalam menjaga buah hati Anda, pengasuh masih memiliki kesempatan untuk bertanya langsung. Anda pun bisa mengajarkan dengan jelas setiap hal yang Anda inginkan untuk Si Kecil.

    Pantau Keadaan
    Di minggu pertama bekerja, Anda tak perlu berasa bersalah jika masih belum bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan. Hampir semua ibu bekerja mengalaminya dan ini hal normal. Pantau kondisi Si Kecil dengan rutin menelepon pengasuh di rumah. Atau Anda juga bisa minta pengasuh mengirim foto-foto terbaru bayi Anda untuk mengetahui aktivitas apa yang dilakukannya saat itu. Apalagi saat ini, teknologi sudah semakin canggih, kan? Anda bahkan bisa memasang CCTV jika ingin memantau bayi Anda 24 jam. Jika rumah dan kantor Anda tak terlalu jauh dan memungkinkan untuk bolak-balik dalam waktu singkat, tak ada salahnya Anda menyempatkan waktu untuk pulang sebentar saat jam istirahat untuk menengok dan menyusui Si Kecil.



    Persiapan Mental
    Ini adalah hal terpenting karena apa yang Anda rasakan akan dirasakan juga oleh anak Anda. Jadi tenangkan diri Anda dan pastikan bahwa semuanya akan baik-baik saja. Selama segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan Si kecil sudah Anda siapkan dengan baik, mudah-mudahan tak akan ada kendala berarti selama Anda meninggalkannya di rumah.



    Happy working, Moms!
    (Dian Puspitasar/Image:Dok.Cosmo Pregnancy)

    tags: mom, career, baby