Better You

Kebiasaan Mengemil Tak Akan Ganggu Diet Anda

  by: Redaksi       28/11/2013
  • Dengan frekuensi mengemil Anda yang tak terkendali, Anda mulai sedikit khawatir, “Apa kabar diet yang sedang saya jalani?” Well, mengudap makanan ringan saat diet juga baik untuk mengatur metabolisme tubuh, lho. Daripada seharian Anda terus menahan lapar, hingga akhirnya kalap melahap semua makanan. Tapi Anda harus ingat, bahwa banyak sekali yang harus dipersiapkan untuk sesi mengemil cantik Anda ini. Read on!

    Indeks Glikemik Rendah
    Mengetahui indeks glikemik akan membantu Anda mengetahui bagaimana tingkatan karbohidrat yang Anda makan dengan pengaruhnya terhadap tingkat gula darah. Ketahui tingkatannya dan sebisa mungkin hindari makanan dengan IG lebih dari 70, seperti makanan olahan yang memiliki kandungan gula tinggi. Anda bisa memilih makanan dengan IG lebih rendah dari 55, seperti ubi manis, kacang merah, beras basmati, roti gandum, produk olahan susu rendah lemak dan buah-buahan.

    Buat Rencana
    Kebetulan sedang lapar, lalu Anda mulai membeli berbagai jajanan apa saja yang ada di dekat Anda. Itu pilihan yang salah, dear. Mempersiapkan camilan semalam sebelum Anda pergi bekerja, selain dapat membuat Anda bisa merencanakan makanan sehat juga bisa menghemat uang. Pasalnya, saat Anda sedang lapar, Anda tak lagi bisa memilih makanan dengan lebih bijak dan sembarangan memilih camilan berkalori tinggi. Bawa buah segar, sayuran, dan roti gandum atau sedikit sereal gandum dari rumah jauh lebih baik.



    Makanan Manis
    Cosmo tahu, biskuit coklat memang lebih menggiurkan untuk kudapan sore Anda. Tapi buah juga bisa memenuhi kebutuhan gula Anda. Selain manis, buah juga mengandung kadar serat yang tinggi. Anda juga bisa mencoba yoghurt, namun tetaplah perhatikan baik-baik kandungan gula dari produk low-fat.



    Haus atau Lapar
    Banyak orang menyalahartikan rasa haus dengan rasa lapar. Memastikan bahwa kebutuhan air Anda telah terpenuhi merupakan bagian penting untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Biasakan diri Anda untuk meminum delapan gelas per hari. Saat cuaca terasa lebih panas dari biasanya dan Anda harus melakukan berbagai aktivitas outdoor, konsumsi lebih banyak lagi air. (Muhtar Rais/IR/Image: Dok. Google)