Lifestyle

Fakta dan Mitos Seputar HIV/AIDS

  by: Redaksi       29/11/2013
  • Dalam rangka menyongsong Hari AIDS Sedunia yang jatuh tanggal 1 Desember nanti, Durex bersama dengan PAOGI (Persatuan Anggota Muda Obstetri dan Ginekologi) meluncurkan kampanye untuk meningkatkan kesadaran tentang HIV/AIDS. Sebagai generasi muda, ada baiknya Anda mengetahui beberapa hal mendasar seperti fakta dan mitos yang beredar seputar HIV/AIDS. Simak!

    Berjabat Tangan atau Berciuman Akan Tertular HIV
    Kedua hal tersebut tidaklah benar. Penularan virus HIV hanya terjadi melalui tiga cara, yang pertama adalah lewat cairan darah (transfusi darah atau pemakaian jarum suntik/jarum tato yang sama). Kedua lewat cairan sperma melalui hubungan seks tanpa pelindung (kondom). Terakhir adalah lewat air susu ibu yang terkena HIV pada anaknya yang disusui.

    Ibu Hamil dengan HIV/AIDS akan Menularkan Pada Anaknya
    Kemungkinan penularan dari ibu ke bayi ini berkisar hingga 30%, artinya dari setiap 10 kehamilan dari ibu HIV positif kemungkinan ada 3 bayi yang lahir dengan HIV positif. Penularan HIV dari ibu ke anak bisa dicegah dengan mengikuti program PPIA (Pencegahan Penularan HIV dan AIDS dari Ibu ke Anak).





    Kasus HIV dan AIDS Selalu Berujung Pada Kematian
    Tidak benar. Dengan melakukan terapi ARV (anti-retroviral) lebih dini dan secara rutin, HIV dapat dikendalikan. Memang belum ditemukan obat untuk menyembuhkan HIV/AIDS, tapi dengan menjaga pola hidup sehat seperti makan makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta mengonsumsi ARV, ODH (orang dengan HIV/AIDS) dapat tetap produktif dan sehat. (Amanda Utari/FT/Image: dok.internet)

    tags: cosmo, aids, hiv