Better You

Beragam Faktor Penyebab Sakit Payudara, Selain Kanker

  by: Adya Azka       1/11/2014
  • Saat payudara Anda terasa sakit, jangan terlalu cepat panik dan menebak Anda terkena kanker, karena ternyata, masih ada beragam faktor lainnya yang bisa menyebabkan aset penting Anda itu terasa sakit. Apa saja contohnya? Simak!

    PMS
    Ini adalah salah satu faktor umum yang banyak dialami wanita. Faktor utamanya, tentu saja karena adanya perubahan hormonal dalam tubuh menjelang menstruasi. Jadi, jika Anda merasa sakit di bagian dada sebelum jadwal menstruasi, maka Anda tak perlu terlalu risau.

    Olahraga Berlebih
    Olahraga berlebihan, seperti terlalu banyak sit up, push up, atau angkat beban juga ternyata memiliki dampak langsung pada bagian dada. Walaupun rasa sakitnya terasa di sekitar payudara, tapi nyatanya rasa sakit ini berasal dari otot di bawah jaringan payudara. Hal ini terjadi karena pada saat Anda terlalu banyak latihan, otot akan semakin tegang dan menimbulkan rasa sakit pada bagian payudara.



    Mengangkat Beban Terlalu Berat
    Apakah Anda baru saja berpindah rumah dan mendekorasi ulang ruangan-ruangan, dear? Jika benar, mungkin ada barang yang memiliki beban terlalu berat baru saja Anda angkat. Sama seperti saat berolahraga berlebih, kegiatan ini juga bisa mempengaruhi otot-otot di bagian bawah payudara.



    Salah Bra
    Sayangnya, banyak wanita yang tidak sadar jika ia menggunakan bra yang salah. Sebaiknya pilihlah ukuran yang pas dan bahan yang dapat membuat Anda nyaman saat beraktivitas. Selain itu, saat malam hari, Anda juga sesekali bisa melepas bra untuk memberikan kesempatan kepada payudara untuk “bernapas”. Tak hanya itu saja, pemilihan bra saat berolahraga juga sangat penting diperhatikan. Sebaiknya pilihlah jenis bra (sport bra) yang memang khusus diperuntukan untuk berolahraga.

    Terlalu Banyak Minum Kopi dan Teh
    Memang tak ada yang salah dengan dua jenis minuman ini. Tapi jika Anda mengonsumsinya terlalu banyak, kandungan kafein di dalamnya akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap payudara. Bahkan untuk sebagian wanita, terkadang terlalu banyak asupan kafein bisa menimbulkan tonjolan yang bersifat sementara di bagian payudara lho. (Adhia Azka/VP/Image: various)