Better You

Hindari 6 Makanan & Minuman Ini Saat Haid

  by: Redaksi       5/11/2014
  • Banyak perubahan fisik dan kondisi psikologis yang terjadi saat seorang wanita mengalami menstruasi. Ternyata, makanan dan minuman yang dikonsumi wanita yang sedang mengalami datang bulan pun memengaruhi kesehatan mereka. Lalu apa saja sih makanan dan minuman yang tak boleh dikonsumsi wanita saat sedang datang bulan? 

    1. Kafein

    Yup, usahakan untuk menghindari miuman yang berkadar kafein tinggi saat Anda sedang datang bulan karena kafein dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah serta dehidrasi. Sekarang tak heran kan kenapa Anda sering sakit kepala dan merasa cemas saat sedang haid setelah mengonsumsi kopi.



    2. Gorengan

    Walaupun enak dan sulit ditolak, sayangnya gorengan merupakan makanan yang tidak sehat. Hal ini karena gorengan banyak mengandung lemak dan minyak yang dapat meningkatkan hormon estrogen yang akan menimbulkan rasa kram dan sakit pada bagian perut.

    3. Junk Food

    Makanan cepat saji atau junk food mengandung banyak lemak trans. Lemak ini akan meningkatkan hormon estrogen yang dapat memicu rasa sakit di rahim seperti kram dan nyeri pada perut bagian bawah. Uhmm...

    4. Gula



    Ternyata, mengonsumsi makanan yang berkadar gula tinggi akan membuat kadar gula dalam darah meningkat drastis, sehingga membuat Anda mudah emosional dan cepat lesu ketika sedang menstruasi. Tidak mau kan “penderitaan” Anda bertambah hanya karena baru saja mengonsumsi lima glassed cronuts

    5. Makanan Kaleng

    Tahukah Anda bahwa makanan kaleng mengandung kadar sodium yang tinggi? Yang mengejutkan, mengonsumsi sodium secara berlebihan ternyata dapat memengaruhi penyimpanan air dalam tubuh sehingga membuat tubuh terasa membengkak. Oh no!

    6. Makanan yang Dipanggang

    Grilled beef atau grilled chicken pasti enak untuk dinikmati sebagai hidangan utama. Tapi tunggu dulu! Makanan yang diproses dengan cara pemanggangan ternyata bisa menyebabkan rasa nyeri (kram) yang berlebih lho. Makanan yang dipanggang mengandung banyak asam lemak yang akan mendorong tingkat estrogen. Hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab kram saat menstruasi. (Rachelle Kandou / VP / Image: Thinkstock)