Career

Perhatikan Bahasa Tubuh Saat Interview

  by: Adya Azka       7/11/2014
  • Siapa sih yang tidak senang mendapatkan undangan interview dari kantor idaman? Agar berjalan dengan sukses, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat interview. Cobalah untuk mencari informasi lebih banyak mengenai calon kantor baru Anda. Selain itu, perhatikan juga bahasa tubuh saat interview seperti berikut ini.

    Jabat Tangan
    Ingat ladies, kesan pertama begitu menggoda. Makanya, saat pertama kali bertemu calon atasan, jabat tangannya dengan tegas namun tidak terlalu kuat. Tunjukan jika Anda memang yakin dan percaya diri untuk menjalani interview kerja ini.

    Posisi Duduk
    Saat duduk, pastikan tangan dan kaki Anda tetap relaks. Tapi, jangan sampai Anda terlihat terlalu santai dengan memainkan kursi putar, bertopang dagu, atau menyilangkan kaki. Terakhir, posisi telapak tangan juga ternyata bisa membaca karakter diri Anda lho. Misalnya posisi telapak tangan yang menghadap ke atas menunjukan Anda adalah orang yang terbuka dan ramah. Sementara telapak tangan yang menghadap ke bawah menunjukan jika Anda adalah seorang yang agresif.



    Pandangan Mata
    Ketika diajak bicara pewawancara, tatap matanya. Hindari memandang sekeliling ruangan atau mengalihkan pandangan karena hal ini menunjukan jika Anda adalah seorang yang tidak jujur. Usahakan mata Anda tetap fokus agar bisa memahami setiap arah pembicaraan.



    Konsentrasi Penuh
    Saat sedang menjalani interview kerja, gunakan telinga Anda dengan baik untuk menyimak setiap pertanyaan yang diajukan. Saat Anda sudah memahami apa yang ia jelaskan, anggukan kepala sesekali untuk memerlihatkan jika Anda benar-benar menyimak pewawancara. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)