Better You

Pilih Pembalut atau Tampon?

  by: Adya Azka       12/11/2014
  • Kini, banyak wanita aktif yang tertarik untuk memilih tampon daripada pembalut saat datang bulan. Namun, cara penggunaan dan bentuk tampon yang menurut sebagian orang kurang baik untuk organ intim wanita menjadi salah satu faktor yang membuat wanita urung menggunakannya. Tapi, dari segi kesehatan, sebenarnya lebih baik memilih tampon atau pembalut ya?

    Menurut dr. Doddy Permadi Ariawan, Provider Management Head Garda Medika, menggunakan tampon ataupun pembalut memiliki kualitas yang sama saja. Pemilihannya pun tergantung pada kenyamanan sang pengguna. dr. Doddy pun menuturkan jika setiap produk, terlebih yang berkenaan dengan organ intim, pastinya sudah melewati uji klinis tertentu sehingga higienitas dan keamanannya sudah teruji dan dapat digunakan oleh Anda para fun fearless female.

    Pembalut dan tampon sendiri tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pembalut yang memiliki daya serap tinggi akan terasa lebih nyaman dan kering saat dipakai. Sayangnya, penggunaan yang terlalu lama dapat membuat area di bawah sana iritasi dan juga memiliki risiko kebocoran cukup tinggi. Sementara itu, tampon lebih disukai karena bentuknya yang lebih kecil dan fleksibel memudahkan Anda saat beraktivitas terutama di dalam air. Tapi, pemakaian tampon yang sulit menyebabkan vagina lebih rentan terkena infeksi dan berisiko merobek selaput dara. Selain itu, jika Anda menggunakan tampon yang tidak steril, tubuh bisa langsung terserang demam. Sekarang, pilihan ada di tangan Anda, dear. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)