Better You

5 “Jalan Pintas” untuk Hidup Sehat

  by: RedaksiCosmopolitan       17/11/2014
  • Semua orang tahu kalau mengonsumsi menu 4 sehat 5 sempurna itu penting – sama seperti mempertahankan gizi yang seimbang, teratur olahraga, dan tidur yang cukup 8 jam setiap hari. Tak heran jika Anda pun cukup kelelahan dengan segala peraturan untuk menunjang gaya hidup yang sehat ini. Nah, untuk mempermudah Anda, Cosmo punya “jalan pintas” untuk meraih hidup sehat tanpa harus merasa terpaksa. Check these points, dear!

    1. Konsumsi Liquid Breakfast

    Sarapan adalah hal yang sangat penting, tapi kadang justru inilah yang membuat Anda terlambat kerja. Triknya, konsumsi liquid breakfast. Buat smoothie dengan menggunakan susu rendah lemak, yoghurt, buah segar, oats, dan sereal. Siapkan bahan-bahan dari malam hari, sehingga di pagi harinya Anda tinggal membuat semua bahan-bahan menjadi smoothie.

    2. The Power of Nap

    Ketika hidup Anda sedang hectic, yang Anda korbankan adalah waktu tidur. Alhasil Anda tak akan dapatkan waktu tidur ideal 8 jam. Just take a nap! Usahakan waktu istirahat ini hanya selama 30 menit, dear. Jika lebih, ketika bangun justru perasaan tidak akan nyaman.

    3. Olahraga Saat Waktu Istirahat



    Tidak ada waktu olahraga? Manfaatkan saja jam istirahat Anda untuk melakukan squats, push-up, sit-up, atau apapun olahraga pilihan Anda selama 10 - 20 menit. Lakukan secara rutin untuk membuat tubuh tetap bugar.

    4. Snack Sayuran

    Dalam buku Pedoman Umum Gizi Seimbang (Depkes, 1995) disebutkan Anda harus mengonsumsi 2 liter air setiap hari. Tapi Anda tak perlu menghitung setiap gelas air yang Anda minum sampai 2 liter. Cairan tubuh bisa didapatkan dari mengonsumsi buah dan sayuran, lho. Potong sayuran dan buah berbentuk stik sehingga bisa jadi snack saat Anda bekerja.



    5. Tenangkan Diri Selama 1 Menit

    Anda tak perlu 90 menit yoga untuk merasa zen. Salah satu cara sederhana untuk melepaskan stres adalah mengambil waktu 1 hingga 5 menit di sela-sela kesibukan Anda. Biarkan perhatian dan pikiran Anda beristirahat sejenak. Hal ini membantu fungsi otak untuk berjalan lebih maksimal.  (Indira Listiarini / VP / Image: Thinkstock)