Lifestyle

Republik Cangik, Persembahan Teranyar dari Teater Koma

  by: Redaksi       18/11/2014
  • Teater Koma kembali menampilkan lakon teranyarnya di atas panggung dengan tajuk Republik Cangik. Produksi Teater Koma yang ke-136 ini dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta mulai 13 November hingga 22 November 2014 mendatang. Cosmo berkesempatan hadir di penampilan perdananya tanggal 13 November 2014 dan tak perlu diragukan, para penggemar Teater Koma hampir memenuhi seluruh kursi yang tersedia.

    Pementasan Republik Cangik berkisah tentang Cangik, panakawan (penasihat ksatria) wanita dari Kerajaan Mandura yang bertugas mencari pemimpin Negeri Suranesia yang ditinggal wafat oleh Maharaja Surasena, pemimpin sebelumnya. Cangik telah menemukan enam calon pemimpin selanjutnya yakni Santunu Garu, Dundung Bikung, Graito Bakari, Burama-Rama, Binantu Yugama, dan Jaka Wisesa. Cangik pun tak sendiri menjadi juri. Dengan ajian sakti peninggalan Maharaja sebelumnya, ia memanggil tokoh-tokoh besar dunia wayang untuk ikut menilai. Sst.. Anda akan dikejutkan oleh nuansa nostalgia ketika melihat Semar, Bagong, Gareng, Petruk, Raden Gatotkaca, serta beberapa tokoh lainnya.

    Tawa penonton pun tak terelakkan dalam pementasan ini. Gurauan trio Gareng, Petruk, dan Bagong dengan ocehan dan peralatan modern mereka, serta kelucuan lakon lainnya pun senantiasa mewarnai Gedung Kesenian Jakarta. Penonton pun dibuat menebak-nebak karakter setiap tokoh karena tanpa sadar, penonton akan dibawa untuk melihat kemiripan jalan cerita dengan kejadian yang baru-baru ini terjadi di Indonesia. Perhatikan juga detail kostum yang dipakai setiap tokoh. Anda akan banyak menemukan cantiknya kain Indonesia serta kostum yang indah buah karya Rima Ananda Omar. Yup, Republik Cangik memang pementasan yang wajib Anda tonton karena tak hanya menghibur, tapi juga memanjakan mata dengan jalan cerita, set panggung, dan kostum yang apik. (Indira Listiarini / VP / Image: dok. Teater Koma)