Better You

Kurangi 5 Kalimat Berikut Agar Anda Lebih Bahagia

  by: Adya Azka       25/11/2014
  • Apa yang bisa membuat Anda merasa bahagia? Sepatu baru, voucher belanja, atau cincin berlian dari si dia? Semuanya memang bisa membuat Anda lebih happy, tapi sebenarnya bahagia juga bisa diciptakan oleh diri sendiri. Cara singkatnya, dengan menghindari lima kalimat bernuansa negatif berikut.

    “Ah rambut saya sulit diatur!”
    Saat bersiap pergi ke kantor, Anda melihat rambut yang berantakan di cermin. Sebaiknya hindari kata-kata “bad hair day” atau “Ah, rambut saya sulit diatur”. Sebagai gantinya, cobalah untuk lebih mencari solusi, misalnya dengan menggunakan dry shampoo lalu tata ulang rambut Anda. Ucapkan kata-kata “dengan sedikit dry shampoo dan simple hair do, rambut saya jadi terlihat lebih indah”. Dengan begitu, rasa percaya diri Anda akan meningkat.

    “Saya tidak bisa...”
    Anda ditawarkan sebuah proyek yang sangat menantang oleh si bos. Pertama kali melihatnya, Anda pun langsung ciut dan mengeluh tidak bisa menyelesaikan proyek tersebut. Oh ayolah dear, kalimat tersebut hanya membuat alam bawah sadar menanamkan sugesti jika diri Anda tidak bisa melakukannya. Cobalah untuk lebih berpikir positif dengan memberikan sugesti melalui kalimat magic “saya akan berusaha semaksimal mungkin”.



    “Stupid”
    Anda bisa saja melakukan kesalahan dalam pekerjaan, tapi bukan berarti harus menghakimi diri sendiri, kan? Daripada mengutuk diri Anda dengan beragam kata negatif seperti “bodoh” dan “saya tidak berguna”, lebih baik temukan kesalahan Anda dan cari solusinya. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat untuk memperbaiki kesalahan tersebut.



    “Saya bosan”
    Anda tentu pernah merasa bosan dengan pekerjaan. Tapi berhentilah mengeluh “saya bosan” karena hal itu hanya akan membuat Anda semakin malas untuk membereskan tugas yang kian menumpuk. Cobalah untuk lebih mensyukuri pekerjaan yang sudah didapat saat ini. Dengan begitu Anda pasti akan lebih semangat untuk membereskan tugas dari atasan.

    “Saya benci”
    Benci adalah satu kata yang dapat dengan sukses menyebarkan aura negatif, bukan hanya pada diri Anda tapi juga lingkungan di sekitar. Semakin sedikit Anda mengucapkan kata benci akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Soalnya, Anda akan lebih mudah melihat hal-hal positif dari orang di sekitar, bahkan musuh Anda sekalipun. (Adhia Azka/VP/Image: thinkstock)