Career

Cara Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

  by: Redaksi       27/11/2014
  • Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang praktis untuk digunakan. Kartu kredit juga memudahkan Anda untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah besar. Namun, tidak sedikit orang sering menggesekan kartu ajaib ini untuk membeli barang-barang yang diinginkannya, yang membuat dirinya jadi terjerat hutang. Wow, jangan sampai Anda salah satunya ya, dear? Itu sebabnya, Cosmo akan berbagi beberapa tip bagaimana menggunakan kartu kredit dengan cerdas. Simak!

    Disiplin

    Setiap kartu kredit pasti memiliki limit atau batas maksimum yang telah ditentukan. Itu semua tergantung dari tipe kartu kredit yang Anda pakai. Misalnya, Anda memiliki kartu kredit dengan batas maksimum setiap bulannya sebesar Rp2.500.000,- , sebaiknya Anda jangan menggunakan sampai Rp2.500.000,- (atau lebih). Mengapa? Karena hal ini untuk mendisiplinkan diri supaya jangan "terbuai" dengan kegunaan kartu kredit. So, walaupun batas maksimum kartu Anda Rp2.500.000,- bukan berarti Anda bisa menggunakannya sebesar nominal tersebut setiap saatnya ya... Be wise, ladies.

    Batasi Jumlah Kartu Kredit

    Sebaiknya Anda cukup memiliki dua hingga tiga kartu kredit, apalagi jika Anda menggunakan kartu tersebut secara sekaligus. Walaupun memang setiap penerbit kartu memiliki fasilitas yang berbeda, pilihlah yang terbaik bagi Anda. Perlu Anda ingat, kartu kredit tetap adalah alat pembayaran. Jangan lupa ada tagihan yang harus dibayar setelah anda menggesekannya.

    Manfaatkan Point Rewards



    Setiap Anda menggunakan kartu kredit, berarti Anda telah mengumpulkan poin yang bisa ditukarkan. Nah, bila point ini sudah terkumpul banyak, Anda bisa menukarkannya dengan barang atau promo. Tentunya hal ini menguntungkan, apalagi jika Anda bisa menukarnya dengan barang yang harganya tinggi. Sudah pasti menyenangkan, bukan?

    Bayarlah Sebelum Jatuh Tempo



    Membayar tagihan sebelum jatuh tempo akan menyelamatkan Anda dari utang. Plus, track record Anda pun akan baik di mata bank. Hal ini juga merupakan salah satu disiplin diri supaya Anda lebih cerdas lagi dalam menggunakan kartu kredit.

    Bayarlah Lebih dari Tagihan Minimum

    Cosmo yakin, Anda semua pasti sudah tahu kalau kartu kredit pada umumnya menetapkan pembayaran minimum tagihan kartu kredit sebesar 10% dari totalnya. But wait, walaupun begitu, bukan berarti Anda tidak dapat membayar lebih dari jumlah itu. Semakin banyak yang Anda bayarkan, semakin sedikit sisa tagihan yang dikenakan bunga. Artinya semakin sedikit juga dong utang Anda. Betul, kan? Jadi usahakan Anda membayar lebih dari tagihan minimum. (Rachelle Kandou / FT / Image: Thinkstock)