Better You

Cara Memaksimalkan Kopi Anda di Pagi Hari

  by: Silvya Winny       1/11/2015
  • Studi menyingkap kalau aroma kopi semata adalah salah satu aroma yang ampuh membangunkan semua indera kita—apalagi meminumnya! Tapi, tahukah Anda, kalau ada beberapa “teknik” untuk memaksimalkan secangkir kopi Anda? Teruskan membaca, ladies.

    Jangan Langsung Minum Kopi Saat Bangun

    Yup, menurut studi terbaru, Anda semestinya menunggu 15 menit setelah bangun baru Anda boleh minum kopi. Why? Saat Anda bangun normal bila merasa “capek” karena ini merupakan godaan dari tubuh Anda untuk melanjutkan tidur. Rasa capek ini biasanya akan menghilang secara natural setelah 15 menit. Maka daripada langsung bergantung pada kopi untuk membangunkan Anda (yang berpotensi membuat Anda nantinya mengonsumsi kopi lebih banyak dari yang dianjurkan) tunggu saja 15 menit setelah Anda terjaga untuk membiarkan tubuh Anda beradaptasi dengan hari yang baru.



    Beri Jeda Antara Sesi Minum Kopi

    Atau lebih spesifiknya, sekitar satu setengah jam. Ternyata efek kafein baru akan terasakan oleh tubuh Anda kira-kira setengah jam setelah Anda meminum kopi jadi kalau Anda kerap penasaran mengapa rasa mengantuk belum juga menghilang setelah menyeruput your morning coffee, ya wajar—pengaruh kafeinnya memang belum aktif!  So, demi mencegah Anda meminum kopi terlalu banyak nantinya, santai saja dulu, dear, and just enjoy every sip of your coffee.



    Batasi Konsumsinya

    Speaking of too much, tanpa Anda sadari mungkin Anda tiap harinya meminum terlalu banyak cangkir kopi. Did you know, secangkir kopi yang biasa Anda minum itu rata-rata mengandung 200Mg kafein yang bisa membuat Anda terjaga dan beraktivitas selama dua jam. Lebih dari itu? Hmm, Anda berpotensi terlihat seperti anak kecil yang tak bisa tinggal diam. (Sahiri Loing / SW / Image: gpointstudio / iStock / Thinkstock)