Career

7 Kesalahan Fatal Penggunaan Kartu Kredit

  by: Silvya Winny       1/11/2015
  • Kartu kredit memang seakan bisa jadi malaikat penolong untuk membayar segala keperluan dalam waktu singkat. Namun di balik itu semua, banyak masalah yang mengancam jika Anda melakukan tujuh kesalahan fatal berikut ini.

    Tidak Disiplin
    Ketika berbelanja, jangan asal ‘gesek’ lalu mengeluh karena tagihan membengkak. Tentukan batas maksimum yang boleh Anda gunakan setiap bulan dan catat setiap pemakaiannya. Ketika jumlahnya sudah mendekati batas maksimum, ’segel’ kartu kredit Anda dengan tidak membawanya ke manapun. 

    Terlambat Membayar
    Anda juga harus disiplin dalam membayar tagihan kartu kredit. Jangan menunggu hingga hari terakhir untuk melunasinya. Pastikan Anda telah menyisihkan uang, agar tidak terlambat membayar dan di bulan berikutnya tidak kena bunga.



    Sering Tarik Tunai
    Ini merupakan salah satu kesalahan paling fatal. Kartu kredit jelas berbeda dengan kartu debit (ATM). Hindari menarik uang tunai menggunakan kartu kredit sebab akan dikenakan bunga dan biaya tarik tunai yang cukup tinggi.

    Selalu Melakukan Pembayaran Minimum
    Membayar kartu kredit dengan jumlah minimum bukan berarti Anda bisa bernapas lega setiap bulan. Ketika melakukan ini, saldo utang Anda yang tersisa bisa terkena bunga 2,9% hingga 4% per bulan, lho. Boleh dikatakan, ini merupakan penyebab utama banyak orang terjerat utang kartu kredit.



    Terlalu Banyak Memiliki Kartu Kredit
    Makin banyak kartu kredit yang Anda punya, semakin sulit pula untuk mengontrol pengeluaran masing-masing kartu. Anda juga akan lebih repot karena perlu mengingat tanggal pelunasan masing-masing kartu agar tidak terlambat bayar. Sebaiknya miliki maksimal tiga kartu saja. Jika lebih dari itu, Anda harus mulai mempertimbangkan untuk menggunting sisanya.

    Mengabaikan Rewards
    Banyak layanan dan promo setiap bulan yang sebenarnya menguntungkan pengguna kartu kredit, lho. Anda harus selalu update agar tidak melewatkan kesempatan emas mendapatkan potongan harga atau program menguntungkan lainnya. Salah satu caranya, Anda bisa follow akun media sosial bank tersebut.

    Digunakan untuk Membayar Perawatan Medis
    Para ahli keuangan menyarankan tidak menggunakan kartu kredit untuk membayar biaya perawatan medis lantaran jumlahnya sering tak terduga. Namun jangan buru-buru untuk mengeluarkan senjata pamungkas alias kartu kredit untuk melunasinya, kecuali Anda bisa segera membayar tagihannya. Lebih baik, bicarakan dulu dengan konsultan keuangan di rumah sakit untuk mencari solusi terbaik. (Soca Massardi/SW/Image: Outnow.ch)