Better You

Makanan dan Minuman Pantangan yang Ternyata Sehat

  by: Silvya Winny       2/11/2015
  • Anda yang pernah atau sedang menjalani diet, mungkin pernah dianjurkan untuk menghindari makanan dan minuman tertentu. Namun faktanya, makanan dan minuman tersebut sebenarnya menyehatkan, lho. 

    Es Krim
    Tak perlu merasa bersalah ketika Anda craving makanan manis seperti es krim. Ini karena es krim merangsang thrombotonin, yaitu hormon kebahagiaan dan penghilang stres. Selain itu, es krim yang mengandung susu bisa menjadi “obat penenang” alami yang mengistirahatkan sistem saraf dan mencegah gejala insomnia.

    Mentega
    Kebanyakan metode diet menyarankan untuk menghindari makanan berlemak seperti mentega. Akan tetapi kandungan lemak di mentega baik bagi tubuh, sementara lemak trans pada margarin yang sebenarnya bisa menyebabkan masalah serius. Beberapa ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi ghee atau minyak samin yang memiliki kandungan sama dengan mentega namun lebih mudah dicerna serta mengandung vitamin A, D, E, dan K.

    Kentang
    Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik bagi Anda yang sensitif terhadap gluten. Kentang kaya potassium, vitamin C dan B6, phytonutrients dan antioksidan. Namun orang dengan diabetes harus menghindari kentang sebab bisa memicu kenaikan gula darah. Untuk penyajiannya, lebih baik dipanggang dan jangan dicampur sour cream dan beef bacon karena bisa “mengalahkan” kandungan baik pada kentang.



    Daging Merah
    Daging merah kaya protein untuk membantu produksi antibodi yang akan melindungi tubuh dari infeksi serta memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, daging juga sumber vitamin A, B, dan D yang bisa mendukung sistem kerja saraf pusat dan kesehatan mental. Daging juga merupakan sumber terbaik dari zat besi, seng dan selenium.



    Cokelat
    Dark chocolate mengandung mineral seperti magnesium yang bisa meningkatkan serotonin di otak yang bisa memengaruhi suasana hati. Cokelat juga mengandung zat flavonoid yang berperan sebagai antioksidan. Selain itu, flavonoid juga bisa melancarkan aliran dan menurunkan tekanan darah. Sedikit coklat setiap hari tidak dosa, kok.

    Red Wine
    Segelas anggur merah sehari dapat menurunkan indeks glisemik (peningkatan gula darah). Anggur merah juga lebih sehat dari anggur putih, karena kandungan gula setelah fermentasi pada anggur putih yang lebih tinggi. Akan tetapi, terlalu banyak minum juga bisa beracun dan menggangu fungsi hati. So, minum maksimal dua gelas saja ya, dear. (Soca Massardi/SW/Image: ariwasabi/iStock/Thinkstock)