Better You

Yuk, Cek Kesehatan Anda Lewat Payudara

  by: Silvya Winny       3/11/2015
  • Ladies, payudara ternyata dapat memberikan informasi tentang kesehatan. Bahkan, beberapa perubahan pada payudara mampu mengukur kondisi kesehatan tubuh Anda, seperti yang Cosmo sebutkan di bawah ini.

     

    Payudara Membesar



    Ada beberapa hal yang menyebabkan payudara membesar, dear. Sedang menstruasi, hamil, dan mengonsumsi pil kontrasepsi menjadi salah satu alasan ukuran payudara bertambah. Selain itu, berat badan yang meningkat juga dapat membuat payudara membesar.

     

    Ukuran Payudara Tidak Sama Besar

    Umumnya, bagian tubuh yang memiliki pasangan memang tidak simetris. Sama halnya dengan payudara Anda. Namun, perbedaan ukuran payudara yang sangat signifikan dapat menjadi tanda dari penyakit kanker payudara. Tidak ada salahnya untuk memeriksakan hal tersebut ke dokter Anda.

     

    Payudara Terasa Nyeri



    Siklus bulanan memang bisa menjadi penyebab payudara yang terasa nyeri. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi kafein juga dapat menimbulkan masalah ini. Yup, waktunya Anda mengurangi kopi dan soda apabila mulai terasa nyeri di area payudara.

     

    Stretch Marks pada Payudara

    Stretch marks pada the girls menandakan kalau Anda memiliki berat badan bak yo-yo, dear. Naik-turunnya berat badan membuat kulit pada payudara melebar dan menegang. Sehingga, timbul stretch marks setiap kali Anda melakukan diet tidak sehat yang menyebabkan berat badan mudah naik dan turun.

     

    Terdapat Benjolan pada Payudara

    Ladies, jangan panik dulu ketika menemukan benjolan pada payudara. Ini karena tidak semua benjolan yang terdapat pada payudara adalah kanker. Apabila benjolan tidak padat dan berbentuk bulat, kemungkinan besar itu adalah kista cairan bukan tumor. Akan tetapi, sebaiknya selalu tanyakan pada dokter Anda jika menemukan benjolan pada payudara. (Hana Devarianti/SW/Image: g-stockstudio/iStock/468027783)