Career

Tiru Kebiasaan Mereka dan Jadilah Orang yang Produktif!

  by: Silvya Winny       5/11/2015
  • Orang-orang sukses memiliki cara tersendiri dalam menjalani aktivitasnya. Tiru kebiasaan mereka agar hari-hari Anda lebih produktif!

    Bangun Lebih Pagi
    Terbiasa bangun siang? Jangan terlalu lama berada di alam mimpi, dear! Mulai sekarang ubah kebiasaan itu dan jadilah morning person. Orang-orang sukses seperti Anna Wintour memiliki ritual tersendiri di pagi hari sebelum pergi kerja. Ia tidur pukul sepuluh malam, bangun pukul lima pagi, lalu lanjut bermain tenis pukul enam. Terbiasa bangun pagi berarti Anda akan bisa beraktivitas lebih banyak dan tentunya lebih produktif.

    Sarapan Sehat
    Richard Branson, founder Virgin Group, selalu bangun lebih pagi untuk menyantap sarapan sehat. Ya, sarapan adalah bahan bakar untuk membantu Anda mempertahankan fokus sepanjang hari. Anda bisa melakukannya di rumah, di mobil, atau di kantor kok. Jadi, jangan hanya mengambil apapun yang ada di lemari es untuk dimakan, atau bahkan segera bergegas keluar rumah tanpa sarapan.



    Berolahraga
    Memiliki tubuh bugar, bebas stres, dan penyakit tentu akan mendukung pekerjaan Anda, seperti CEO Apple, Tim Cook yang rutin berada di gym sejak pukul lima pagi. Ya, berolahraga setiap hari dapat melepaskan endorfin yang membantu mengurangi stres serta memaksimalkan energi. Mulailah dengan rutinitas jalan pagi, lari, atau berolah raga lainnya yang melancarkan peredaran darah.

    Membuat Daftar Prioritas Hari Ini
    Sebelum beraktivitas, luangkan waktu di pagi hari untuk memilih beberapa prioritas. Kerjakan terlebih dulu apa yang Anda anggap paling mendesak dan penting. Orang-orang sukses selalu membuat review, rencana, menentukan tujuan, strategi, dan motivasi sebelum memulai hari seperti Donna David, presiden direktur Donna David Company.



    Memotivasi Diri Sendiri
    Tanyakan hal ini pada diri Anda setiap hari, “Jika hari ini adalah hari terakhir di dunia, akankah Anda melakukan hal yang sama seperti yang Anda lakoni hari ini?”. Setiap pagi, Steve Jobs selalu melakukan hal itu sambil berkaca. Pertanyaan ini bisa mendorong motivasi dalam bekerja dan bersemangat untuk melakukan hal yang lebih bermanfaat setiap hari.

    Jangan Multi-Tasking
    Terlalu banyak rencana akan membuat Anda kehilangan fokus dan tak bisa mencapai hal yang semula ada di to-do-list tidak tercapai. Daripada multitasking dengan hasil tidak maksimal, lebih baik fokus pada satu pekerjaan dalam satu waktu seperti diterapkan penulis dan entrepreneur muda Timothy Ferriss.

    Rencanakan Aktivitas di Akhir Pekan
    Setelah bekerja dari Senin hingga Jumat, manfaatkan akhir pekan untuk menyegarkan pikiran sekaligus mengisi ulang “baterai” agar lebih produktif di pekan berikutnya. Pendiri Twitter, Jack Dorsey mengatakan hari Sabtu adalah me time-nya untuk mendaki gunung. Sementara hari Minggu adalah saat memikirkan strategi untuk menghadapi pekan berikutnya. (Soca Massardi/VP/Image: Central IT Alliance/iStock/Thinkstock)