Better You

Jaga Kesehatan Jantung dengan Makanan Ini

  by: Silvya Winny       11/11/2015
  • Zaman sekarang kian banyak faktor eksternal yang berpotensi membahayakan kesehatan jantung Anda, termasuk fried foods yang sarat minyak dan lemak yang dapat berujung pada obesitas. Start eating the right food, ladies, dan Anda bisa mulai dari yang di bawah ini.

    Potassium-Rich Food. Menurut peneliti dari Ohio University, resep untuk jantung yang sehat adalah menjaga rasio asupan sodium-potasium Anda, entah dengan mengurangi sodium atau meningkatkan kadar potasium. Lebih baik lagi: Anda melakukan keduanya. Riset tersebut menyingkap kalau potasium ampuh membantu meredam efek sodium yang dapat melambungkan tekanan darah. So, lebih seringlah menyantap makanan sarat potasium dan “dosis” yang dianjurkan adalah 1600mg yang sama dengan segelas susu, dua pisang, seperempat alpukat, dan setengah cup kismis. Selain itu, sumber potasium terbaik lainnya adalah cocoa, dried apricot, ikan, prun, bayam, yogurt, dan kentang yang tidak dikupas.

    Grass-fed Beef. Tentu Anda sudah sering mendengar betapa mengurangi konsumsi daging merah sangatlah dianjurkan bila ingin terhindar dari risiko serangan jantung. Yes, moderation is key, dear, tapi terkadang proses “pengolahan” lebih penting dari makanannya itu sendiri, dan menurut beberapa peneliti, menyantap grass-fed beef (atau dari sapi yang diberi makan rumput) justru menyehatkan lantaran mengandung lemak dan kilojoule lebih rendah dan menawarkan fatty acid omega-3 yang baik buat jantung. Daging sapi ini juga memiliki lebih banyak linoleic acid yang dapat membantu mencegah kanker, melindungi sel otak, dan mengatur penyebaran lemak pada perut. Well, mungkin harganya akan lebih mahal, but it’s gonna worth more in the long run, ladies. (Sahiri Loing / SW / Image: nensuria / iStock / Thinkstock)