Career

Alasan Anda Tidak Mendapat Pekerjaan Incaran

  by: Silvya Winny       10/11/2015
  • Anda sudah mengikuti beberapa tahap proses perekrutan karyawan baru karena CV yang sangat “menjual”. Akan tetapi, perusahaan incaran tak juga memberi pekerjaan tersebut pada Anda. Hmm, kira-kira mengapa ya? Enam hal berikut bisa menjadi alasannya.

    Tidak Menunjukkan Ketertarikan
    Anda tidak benar-benar menunjukkan antusiasme akan pekerjaan tersebut saat wawancara. Misalnya, tidak bisa menjawab saat calon atasan bertanya soal hal mendasar perusahaan. Kuncinya, sebelum wawancara, pastikan Anda sudah punya jawaban yang meyakinkan untuk pertanyaan tersebut. Ceritakan juga pencapaian Anda yang sekiranya bisa menunjang pekerjaan baru. Perlihatkan juga antusiasme, dengan menanyakan detail pekerjaan yang akan Anda lakukan.

    Bicara Buruk Tentang Tempat Kerja Terdahulu
    Ketika pewawancara bertanya mengenai alasan menginggalkan pekerjaan yang kini dilakoni, jangan mengeluh dan mengatakan hal buruk tentang tempat kerja Anda. Lebih baik, ceritakan hal yang Anda inginkan di masa depan, misalnya tantangan baru dan peningkatan karier. Bad mouthing akan membuat pewawancara berpikir jika suatu hari Anda akan melakukan hal yang sama ketika pindah kerja nantinya.



    Orang Lain Menjalin Network Lebih Baik
    Anda dan salah satu kandidat lain memiliki kualifikasi yang sama-sama baik. Namun, jika salah satunya mendapat rekomendasi dari karyawan di sana, kemungkinan besar ia memiliki kesempatan lebih besar daripada orang yang tidak dikenal (baca: Anda). Ini karena perusahaan cenderung akan mengambil risiko lebih rendah dengan memilih rekomendasi “orang dalam”.

    Tidak Sesuai dengan Budaya Perusahaan
    Mungkin Anda berpikir wawancara hanya bertujuan menjual skill Anda, tetapi ternyata tidak. Budaya kerja yang amat berbeda dengan kantor lama juga bisa membuat hiring manager ragu sebelum menerima Anda. Hal ini akan terlihat dari pakaian yang Anda kenakan, cara berpikir, cara merespon pertanyaan, latar belakang pendidikan, hingga cerita seputar keseharian Anda.



    Tidak Sepakat dengan Gaji
    Gaji karyawan tentu harus berdasarkan kebijakan yang ditetapkan. Akan tetapi, apabila Anda menginginkan jumlah lebih dari yang ditawarkan, kebanyakan perekrut tidak akan melanjutkan proses wawancara alias Anda tidak diterima. Skill Anda mungkin akan berguna, namun sayangnya perusahaan tidak sanggup membayar upah sejumlah yang diinginkan.

    Masalah Keuangan Perusahaan
    Tidak mendapat pekerjaan incaran belum tentu semuanya salah Anda kok. Masalah pendanaan atau krisis keuangan perusahaan yang tak terduga juga bisa jadi penyebabnya. Hasilnya, uang yang seharusnya digunakan untuk mempekerjakan orang baru akan digunakan untuk keperluan lain. (Soca Massardi/VP/Image: KatarzynaBialasiewicz/iStock/Thinkstock)