Lifestyle

Sensor di Ubud Writers and Readers Festival 2015

  by: Redaksi       11/11/2015
  • We will go ahead with 2016.We are wiser now and will put some measures in place to secure our survival,” kata Janet DeNeefe kepada Cosmopolitan Indonesia. Di tahun ke-12 penyelenggaraannya, Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2015 mengalami penyensoran dari otoritas setempat. Terhitung ada lima sesi bertopik Tragedi 1965 yang dibatalkan pelaksanaannya di saat terakhir, di antaranya termasuk pemutaran film The Look of Silence karya Joshua Oppenheimer. Pendiri dan Direktur Ubud Writers and Readers Festival itu menyatakan, panitia terpaksa mengambil langkah itu sesudah bernegosiasi selama berminggu-minggu dengan pihak kepolisian setempat.

    Digelar dari 28 Oktober hingga 1 November lalu, UWRF tahun ini menggelar 200 lebih sesi acara dengan menampilkan sejumlah penulis Indonesia dan luar negeri, jurnalis, seniman berbagai bidang, dan aktivis HAM dan kemanusiaan. Ragam acara mencakup mulai dari diskusi panel dengan aneka topik, talk show , art workshop, pemutaran film, diskusi dan peluncuran buku, pertunjukan kesenian, bahkan hingga demo dan workshop kuliner. Penyanyi Glenn Fredly tampil sebagai host dalam acara diskusi dan pemutaran film We are Moluccans bersama penulis skenario Irfan Ramli. Satellite events UWRF juga digelar dari 26 Oktober hingga 8 November di Padang, Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Makassar, dan Kupang.

    Setidaknya, pernyataan Janet DeNeefe di atas bisa dijadikan jaminan bahwa UWRF 2015 tidak akan menjadi UWRF yang terakhir. (Jane Ardaneshwari / Image: doc. Stanny Angga / UWRF 2015)