COSMOPOLITAN PLAYLIST20:00 - 23:59    
NOW PLAYING

Jangan Sentuh Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

BY SILVYA WINNY 12 Nov 2015
Jangan Sentuh Bagian Tubuh Ini dengan Tangan!

Tangan merupakan tempat berkumpul kuman yang paling banyak, sekalipun Anda sudah mencucinya. Memang tak ada yang bisa menjamin semua hal yang Anda pegang higienis, namun ada beberapa cara mencegah penyakit misalnya tidak menyentuh tujuh bagian tubuh ini dengan tangan.

Telinga
Jangan pernah memasukkan jari apalagi mengorek bagian dalam telinga. Selain karena tangan yang kotor, kulit telinga yang tipis juga rentan tergores. Jika telinga gatal terus menerus, bisa jadi itu disebabkan ear wax yang menumpuk atau infeksi. Lebih baik berkonsultasi dengan ke dokter THT saja agar bisa mendapat perawatan maksimal.

Wajah
Anda hanya bisa menyentuh wajah dengan tangan saat cuci muka atau menggunakan produk perawatan kulit. Selain itu, jangan pernah! Ketika tangan menyentuh benda apapun, kuman yang ada di permukannya akan pindah ke wajah, menyumbat pori, dan menyebabkan jerawat. Oh no!

Mata
Anda pasti sering tanpa sadar mengucek mata saat terasa gatal, kan? Mulai sekarang, jangan lakukan lagi ya. Hal ini dapat memperburuk keadaan mata yang serta memperbesar keinginan untuk menggosok lagi dan lagi. Akibatnya, mata jadi infeksi karena kuman berpindah dari tangan ke mata. 

Mulut
Sebuah penelitian di Inggris membuktikan, orang-orang menempatkan jari di sekitar mulut sebanyak 24 kali dalam satu jam ketika merasa bosan (bahkan tujuh kali saat sedang sibuk!). Hal ini jelas menjadi masalah karena Anda bisa mentransfer kuman dari tangan ke mulut yang bisa dengan mudah menyebar ke tubuh.

Lubang Hidung
Stop “menggali” lubang hidung Anda! Menurut studi yang terdapat di Journal Infection Control and Hospital Epidemiology, orang yang sering mengupil memiliki 51% bakteri Staphylococcus aureus – yang bisa memperburuk luka terbuka – lebih banyak daripada yang tidak melakukannya.

Anus
Setelah buang air besar, tentu saja Anda harus mencuci dan membilas anus. Setelah itu, pastikan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum keluar dari toilet karena banyak bakteri berbahaya yang terdapat pada anus.

Di Balik Kuku
Hindari mengorek kuku sebab bisa menyebabkan cantengan. Ini karena bagian dalam kuku adalah tempat bersarangnya debu dan bakteri terutama pada kuku panjang. So, saat mencuci tangan, jangan lupa membersihkan bagian dalam kuku juga, dear.  Kuku Anda harus cukup pendek agar tidak membawa bakteri. (Soca Massardi/VP/Image: evgenyatamanenko/iStock/Thinkstock)
 

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE