Career

To-Do List Keuangan Anda

  by: Silvya Winny       14/11/2015
  • Ladies, tak perlu menunggu berpuluh-puluh tahun untuk menikmati hidup nyaman dan keuangan stabil. Jika Anda berhasil melakukan tujuh hal ini secara konsisten mulai dari sekarang, keamanan finansial di masa depan bukan lagi angan-angan!

    Sisihkan 25% dari Total Pendapatan
    Sisihkan seperempat dari total pendapatan Anda setiap tahun dan simpan di rekening baru yang tidak ada kartu ATM-nya. Jangan mengotak-atik uang ini apalagi menggunakannya untuk belanja atau traveling. Tujuan utama dari menyisihkan uang adalah untuk investasi dan menyiapkan dana tak terduga.

    Mulailah Berinvestasi di Pasar Modal
    Gunakan uang yang telah Anda sisihkan untuk berinvestasi di pasar modal. Saran Cosmo, coba investasi reksadana saja jika masih pemula. Anda bisa membeli reksadana saham mulai dari Rp 100.000. Berbeda dengan investasi lain yang mengandalkan spekulasi, di reksadana Anda akan didampingi manajer investasi untuk mengatur ke mana uang akan diinvestasikan.



    Investasi di Bidang Properti
    Jika punya uang lebih, coba investasi di bidang properti. Investasi di bidang ini memang butuh stabilitas dana dan modal awal yang besar. Namun, keuntungan jangka panjangnya juga cukup besar. Mulai sekarang, pertimbangkan untuk menyisihkan pendapatan Anda untuk mencicil rumah sederhana atau apartemen mini. Beberapa tahun lagi jika Anda menjual atau menyewakan properti tersebut, harganya pasti akan meroket!

    Ambil Asuransi
    Sisihkan juga uang (di luar 25% per tahun) untuk membeli asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Dana kesehatan adalah dana tak terduga yang bisa membuat tabungan terkuras jika tidak disiapkan dengan baik. Lebih baik, sisihkan beberapa ratus ribu setiap bulan untuk menghindari kerugian yang bisa menghampiri Anda tiba-tiba.



    Mulai Usaha Sendiri
    Tak perlu sepenuhnya meninggalkan pekerjaan yang kini dilakukan untuk berwirausaha jika masih belum yakin. Coba mulai usaha di bidang yang Anda minati paruh waktu dulu. Walau masih bekerja kantoran, kemudahan teknologi sudah bisa membantu Anda berbisnis on-line. Anda juga bisa mengerjakannya di sela-sela kesibukan kantor.

    Jangan Tergiur dengan Gadget Baru
    Salah satu hal besar yang sulit dihindari adalah keinginan untuk selalu update perkembangan gadget. Banyak orang rela mencicil demi bisa mendapat gadget keluaran terbaru. Here’s what you need to do ladies, tahan godaan mengikuti kemajuan teknologi yang tak berujung. Alih-alih keluar uang, Anda bisa menggunakan uang itu untuk ditabung dan investasi di masa depan!

    Semangat dan Be Fearless!
    Walau sudah berinvestasi, tetapi tidak punya semangat juang maka Anda harus say goodbye pada kekayaan yang diharapkan. Maksimalkan waktu Anda untuk fokus bekerja. Datanglah tepat waktu ke kantor dan bekerja semaksimal mungkin. Setelah itu, mulailah menjalani bisnis sendiri, perbanyak koneksi dan relasi di dunia profesional, plus jangan ragu untuk mulai berinvestasi. Be fearless! (Soca Massardi/VP/Image: Ljupco/iStock/Thinkstock)