Better You

Trik Agar Tidak Mudah Sakit

  by: Silvya Winny       15/11/2015
  • Musim hujan akan segera tiba. Sering kali pada musim tersebut daya tahan tubuh menurun sehingga Anda mudah sakit. Ikuti trik ini untuk melindungi diri dari berbagai penyakit yang dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

    Tidur Cukup
    Penelitian menunjukkan bahwa seseorang setiap malamnya tidur delapan jam atau lebih memiliki risiko tiga kali lebih rendah untuk terjangkit penyakit flu. Ini karena saat malam hari, tubuh memperbarui dan mengatur kembali hormon yang membuat Anda mampu menangkal infeksi penyakit.

    “Warnai” Makanan Anda
    Memilih menu makanan yang tepat juga penting untuk daya tahan tubuh yang kuat. Triknya adalah dengan “mewarnai” piring makanan Anda. Yup, setiap menu makanan yang dikonsumsi harus memiliki sayuran hijau, protein rendah lemak bewarna merah atau putih, dan karbohidrat kompleks bewarna coklat. Semakin “bewarna” piring Anda, semakin baik pula nutrisi yang akan diserap tubuh.

    “Latih” Pencernaan
    Meningkatkan imun tubuh juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi bakteri yang baik untuk pencernaan lho. Mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya probiotik, seperti yoghurt dan acar, baik untuk “melatih” pencernaan sehingga tubuh dapat melawan bakteri dan virus jahat.

    Selalu Cuci Tangan
    Siapa sangka ternyata salah satu cara paling mudah untuk terhindar penyakit adalah dengan mencuci tangan. Bahkan, kegiatan ini dapat mengurangi infeksi penyakit 15% hingga 50%. Gunakan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer dengan kandungan setidaknya 60% alkohol untuk membersihkan tangan Anda. Jangan lupa gosok tangan selama 20 detik atau sambil menyanyikan lagu “Happy Birthday” dua kali agar kuman-kuman tersebut mati.

    Habiskan Waktu dengan Orang-orang Tersayang
    Tidak hanya kondisi fisik saja yang dapat membuat Anda mudah terserang penyakit, dear. Stres juga dapat menjadi pemicu dari berbagai penyakit. Maka dari itu, sebuah jurnal dari Psychological Science menyarankan Anda untuk sering menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang. Mereka menemukan bahwa seseorang yang mendapat dukungan sosial saat stres lebih sulit terserang penyakit. (Hana Devarianti/VP/Image: Wavebreakmedia Ltd/Wavebreak Media/494364267)