Career

Ingin Berinvestasi? Pahami Dulu 4 Aturan Ini

  by: Silvya Winny       17/11/2015
  • Anda sudah memiliki pekerjaan tetap, penghasilan, dan belum berkeluarga. It means, Anda belum memiliki beban tanggungan sehingga dapat mengalokasikan penghasilan lebih banyak untuk dana investasi. Namun sebelum memulai, ada empat aturan dasar yang harus Anda ketahui agar tidak salah langkah.

    Pastikan Kondisi Keuangan Aman
    Jika Anda belum menyisihkan uang untuk keadaan darurat, pembayaran tagihan kartu kredit, atau kebutuhan utama lainnya, maka Anda harus menunda dulu keinginan investasi hingga semua biaya tersebut terpenuhi. Untuk apa membuat rekening investasi, tetapi masih sibuk membayar utang dan beberapa tagihan lainnya?

    Investasi Bukan Jalan Pintas Menjadi Kaya
    Anda harus berpikir jika investasi yang akan dilakukan memiliki tujuan jangka panjang. Jadi, jangan berharap Anda bisa menikmatinya hanya dalam beberapa bulan saja. Tujuan investasi adalah menciptakan nilai yang berlipat ganda, jadi jangan puas dengan laba jangka pendek saja. Anda baru bisa menikmati hasilnya setidaknya lima hingga sepuluh tahun ke depan.



    Pahami Dasar-dasar Investasi
    Jangan asal mengikuti perkataan teman atau kerabat dekat. Anda juga harus membaca buku panduan terkait investasi atau berkonsultasi dengan ahli keuangan. Misalnya, jika berniat membuka investasi saham, Anda harus mencari tahu bagaimana membuka rekening investasi broker, hal yang akan dibutuhkan jika ingin membeli saham, obligasi, reksadana atau lainnya.



    Tentukan Keinginan
    Jika Anda menginginkan keuntungan tinggi, saham berbasis reksadana adalah jenis investasi yang paling pas dilakukan saat usia muda, bukan investasi dalam bentuk obligasi. Akan tetapi, semua sumber investasi tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, Anda harus menentukan mana yang dicari sesuai keinginan. (Soca Massardi/VP/Image: michaeljung/iStock/Thinkstock)