COSMOPOLITAN PLAYLIST00:00 - 06:00    
NOW PLAYING

Lindungi Tubuh dari Sakit Flu

BY SILVYA WINNY 18 Nov 2015
Lindungi Tubuh dari Sakit Flu

Flu adalah salah satu penyakit yang sering menyerang kala musim hujan. Jika ada salah satu orang di kantor terserang flu, orang-orang lain di sekitarnya juga rentan tertular. Simak tip Cosmo berikut untuk melindungi diri dari sakit flu.

 

Mencuci Tangan
Anda tentu tahu keharusan mencuci tangan untuk membasmi kuman. Akan tetapi, membasahi telapak tangan dengan sabun saja belum cukup. Anda perlu menggosok tangan selama 20 detik dengan sabun untuk membunuh kuman di tangan Anda. Oh ya, basuh hingga ke pergelangan tangan dan kuku. Keringkan tangan dengan tisu dan hindari menyentuh gagang pintu toilet setelahnya.

 

Bersihkan Benda di Meja Kerja
Akan percuma apabila tangan sudah bersih, tapi benda di meja kerja masih tetap kotor. Tahukah Anda jika kuman yang bersarang di keyboard komputer lebih banyak daripada di toilet? Mulai sekarang, bersihkan benda-benda di meja kerja, mulai dari keyboard, mouse, hingga smartphone menggunakan tisu atau pembersih anti-bakteri.

 

Hindari Stres Berlebihan
Selalu khawatir setiap saat dapat meningkatkan kadar kortisol dan epinefrin yang bisa melemahkan sistem imun alias daya tahan tubuh. Atasi stres dengan menarik napas dalam-dalam, mengikuti kelas yoga, berolahraga, atau mandi air hangat.



Perbanyak Minum Air
Banyak minum air mineral adalah cara ampuh untuk menghilangkan racun-racun penyebab penyakit. Jika Anda gemar minum teh, pilih yang hangat agar bisa menghirup uapnya. Tambahkan juga madu dan lemon. Lemon berkhasiat menipiskan lendir yang ada di tenggorokan, sementara madu bisa melawan bakteri.

 

Kurangi Alkohol dan Makanan Manis
Menurut penelitian National Institute of Alcohol Abuse and Alcoholism, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan gula bisa menghalangi kerja sel darah putih yang bisa membunuh bakteri dan virus. Jika sudah sakit, meminum alkohol juga dapat membuat virus makin betah di tubuh Anda.

 

Tidur Cukup
Tubuh Anda butuh istirahat untuk “memerangi” virus dan bakteri. Hindari begadang setiap malam dan perbaiki siklus tidur Anda. Matikan televisi, berhenti membaca buku, mengecek smartphone, lalu tidur.

 

Jangan Masuk Kantor Ketika Sakit
Jangan menganggap diri Anda wanita kuat yang bisa masuk kerja meskipun sakit. Lebih baik Anda istirahat atau bekerja dari rumah saja hari itu, daripada menularkan penyakit pada rekan kerja.

 

Olahraga dan Hirup Udara Segar
Saat jam istirahat, manfaatkan waktu untuk pergi ke luar untuk menghirup udara segar. Terlalu lama menghirup udara dalam ruangan yang terkontaminasi adalah salah satu penyebab flu. Lakukan juga olahraga ringan untuk meningkatkan sistem imun. (Soca Massardi/VP/Image: LittleBee80/iStock/Thinkstock)
 

0 REACTIONS

Comments

Leave A Comment

POST COMMENT
What are you looking for?
Content of the popup
CLOSE