Better You

Melihat Warna Bisa Bikin Anda Berpikir di Luar Kebiasaan?

  by: Silvya Winny       19/11/2015
  • Para ilmuwan sendiri yang memastikan hal ini! Ilmuwan yang Cosmo maksud, terdiri dari kumpulan psikolog dan pakar warna sendiri yang sepakat dengan bukti kalau aneka nuansa warna yang Anda temui, Anda lintasi, setiap waktu – dimulai dari hal kecil saja seperti pewarna kuku yang sedang Anda pakai sekarang, atau nuansa café tempat Anda sedang duduk saat ini – punya daya kuat untuk mempengaruhi cara Anda berpikir.

    Melarikan Diri Dari Stres
    Coba: Gunakan matras yoga bewarna hijau.
    Alasannya:
    Tidak sedikit yang mengasosiasikan warna hijau dengan alam. Studi di University of Georgia menemukan kalau banyak orang yang langsung melayangkan fantasinya membayangkan pepohonan dan aneka flora setelah melihat warna hijau dan merasa relaks setelahnya. Tataplah warna hijau pada matras yoga Anda setiap kali Anda melakukan stretching menghadap ke bawah, dan aktivitas yoga yang mulai nyaris membuat Anda teriak “boring” akan jauh lebih …. menenangkan.

    Fokus Saat Presentasi
    Coba: Pakai pemulas kuku warna merah
    Alasannya:
    Warna merah akan memacu otak untuk lebih berpikir lebih detail, seperti yang telah dibuktikan lewat penelitian di University of British Columbia. Oleh sebab itu, daripada dibiarkan kering, pulaskan cat kuku warna merah menyala di hari Anda melakukan presentasi. Karena warna merah punya ruang besar dalam spektrum warna, jadi siapapun akan memandang dengan konsentrasi penuh ke arahnya. Bonusnya: Tanpa perlu banyak bicara, semua mata akan terkunci ke arah Anda.



    Mencari Kado Si Dia
    Coba: Tulis ide hadiah Anda dengan tinta biru.
    Alasannya:
    Para peneliti di University of British Columbia punya temuan lain yang mau Anda tahu, yakni mereka yang memiliki bola mata berwarna biru diteliti punya kelebihan dalam menggunakan imajinasi. Bila diaplikasikan dalam dunia kerja, sebelum Anda memulai brainstorming nanti, ambil waktu sebentar saja untuk ke luar ruangan dan tataplah langit di luar sana. Ini akan merangsang otak Anda dan membuat ide-ide kreatif mengalir deras.

    Lepas Dari Beban Pikiran
    Coba:  Beli bunga berwarna ungu.
    Alasannya:
    Studi di University of Georgia juga membuktikan lewat penelitian bahwa banyak orang yang memikirkan suara tawa anak kecil yang tanpa beban saat melihat warna ungu. If you're feeling stressed, ambil satu buket bunga berwarna ungu yang dengan mudah bisa Anda temukan di flowers shop. Singgahlah ke sana ketika Anda butuh pereda tensi dan ingin menenangkan diri.

    Mengatasi Galau Saat Baru Putus
    Coba:  Ubah sprei Anda jadi putih
    Alasannya:
    Lagi-lagi, University of Georgia meneliti apa fungsi warna putih. Putih seperti memberi Anda harapan soal masa depan. Di mana seringnya rasa rindu pada mantan menyerang Anda? Di manapun itu – di ranjang, ruang kerja, even kubikal kerja, sematkan warna putih di sudut areanya. Menangkap warna putihnya walau hanya dari sudut mata Anda, paling tidak memberi semangat untuk menjalani perubahan.



    Merasa Nyaman Saat Bad Day
    Coba: Pergi ke hangout di café bernuansa woody.
    Alasannya:
    Nuansa kayu yang umumnya menghiasi beberapa coffee shop kesayangan Anda, bukanlah tanpa alasan. Ketika mata Anda menatap redupnya cokelat di tengah hari yang buruk, tempat ini seolah menjadi tempat yang begitu menenangkan. Color-associations studies dari The Pantone Color Institute membuktikan bahwa umumnya orang akan langsung merasa nyaman sesaat melihat warna ini.

    Tidak Malas Bergerak
    Coba: Kenakan sepatu, tas, APAPUN warna oranye!
    Alasannya:
    Selain tengah menjadi warna incaran Spring/Summer tahun ini, oranye punya kans dalam hal memberi Anda rangsangan akan apapun! Saat semangat olahraga menurun, sematkan warna oranye pada sepatu olahraga Anda – untuk dijadikan tali sepatu misalnya. Pandang sepatu Anda sebelum mengambil seribu langkah penuh semangat menuju gym. You're on fire, baby!

    Lebih Berenergi
    Coba: Cat dapur Anda dengan kuning.
    Alasannya:
    Selalu ada alasan untuk semangat usai memandang apapun berwarna kuning. Studi  yang baru-baru ini dilakukan peneliti warna spasial menemukan bahwa siapapun yang menghabiskan waktu di dalam ruangan bewarna kuning akan terlihat lebih enerjik daripada yang tidak. Nah, berlama-lama di sudut itu saat pagi hari mungkin bisa Anda coba esok hari saat malas beranjak dari tempat tidur menyerang. (Silvya Winny / FT / Image: Elena_Mikhailova / iStock / Thinkstock)