Better You

Ini Dia Cara Sehat Nikmati Burger

  by: Silvya Winny       18/11/2015
  • Yup, siapa yang tak gemar menikmati burger? Fast food ini memang merupakan salah satu makanan favorit. Namun, jumlah kalorinya yang tinggi (mungkin) sering membuat Anda berpikir dua (atau tiga) kali sebelum memakannya. But ladies, tip Cosmo berikut pasti bisa buat Anda menikmati burger dengan cara yang lebih sehat.

     

    Roti Gandum



    Jika kebanyakan burger dibuat dengan menggunakan roti putih atau roti tawar, kali ini ganti dengan roti gandum. Roti gandum memiliki serat yang jauh lebih tinggi, sehingga selain bernutrisi tinggi, gandum juga lebih cepat mengenyangkan. Selain itu, kandungan vitamin, mineral, magnesium, dan folatnya juga lebih baik untuk tubuh.

     


    Avokad Pengganti Mayones

    Yup, ganti mayonesnya dengan avokad. Anda bisa menggunakan avokad yang dihaluskan, atau potongan-potongan tipis buah yang dagingnya berwarna hijau ini. Selain rasanya yang lebih lezat dan teksturnya yang sama-sama lembut, avokad juga mengandung zat anti peradangan yang pastinya lebih menyehatkan.

     

    Lupakan Saus Tomat



    Jika Anda memang menginginkan rasa masam yang ada pada saus tomat, maka gunakanlah tomat yang asli. Masukkan irisan tomat dalam burger Anda, selain jumlah kalori dan gulanya jauh lebih sedikit, tingginya vitamin C dan antioksidan lycopene pastinya lebih menyehatkan.

     

    Gunakan Salmon

    Jika patty burger kebanyakan menggunakan bahan utama daging sapi atau ayam, kali ini gunakan tuna atau salmon sebagai penggantinya. Selain rasanya yang sama-sama lezat, salmon atau tuna juga memiliki kalori yang lebih sedikit namun tetap mengenyangkan.

     

    Keju Low Fat

    Menikmati burger tanpa keju rasanya memang kurang “nendang”. Namun, jangan gagalkan keseluruhan misi Anda hanya karena selembar keju. Ganti melted cheese atau keju cheddar Anda dengan keju low fat. Ta-da! Kini burger rendah kalori Anda yang nikmat siap untuk disantap. Yummy! (Alvin Yoga / VP / Image: Sonja Lekovic / iStock / Dok. Thinkstock)