Better You

Manfaat Tidak Menghitung Kalori Saat Diet

  by: Silvya Winny       22/11/2015
  • Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, salah satu yang dianggap manjur adalah dengan menghitung kalori. Namun percaya atau tidak, menghitung kalori adalah strategi terburuk saat diet. Yup, dengan tidak menghitung kalori Anda justru mendapatkan berbagai manfaat baik di bawah ini.

    Bye-Bye Stress Eating

    Saat menghitung dengan seksama jumlah kalori, Anda cenderung merasa tertekan setiap kali akan mengonsumsi sesuatu. Bahkan, sering kali timbul rasa stres saat akan makan. Padahal, stres menjadi salah satu penyebab naiknya angka pada timbangan. Dengan tidak menghitung kalori, Anda justru dapat lebih menjaga asupan makanan.



    Lebih Menikmati Makanan

    Dengan tidak merasa stres saat makan, Anda pun jadi lebih menikmati makanan yang dikonsumsi. Menghitung jumlah kalori tidak dapat memberikan rasa bangga dan bahagia yang dibutuhkan saat Anda menjalani diet. Namun, dengan menyadari bahwa Anda mengonsumsi makanan yang sehat dan segar setiap waktu, dapat menimbulkan energi positif yang baik selama melakukan diet.

    Berat Badan Berkurang

    Percaya atau tidak, menghitung jumlah kalori justru dapat membuat seseorang mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Ini karena mereka hanya fokus pada jumlah kalori makanan bukan pada kualitas dari makanan itu sendiri. Lebih baik ubah fokus Anda pada nutrisi pada makanan tersebut. Hal itulah yang dapat membuat berat badan turun.



    Memiliki Lebih Banyak Energi

    Kalori bukan zat buruk dalam tubuh, dear. Bahkan, kalori adalah sumber energi yang dibutuhkan tubuh. Hal tersebut yang membuat beberapa orang merasa lelah saat menghitung jumlah kalori. Saat Anda fokus pada nutrisi pada makanan, bukan pada jumlah kalori yang dikonsumsi, Anda akan memiliki lebih banyak energi, lebih mudah untuk mengontrol nafsu makan, dan merasa lebih kenyang sepanjang hari.

    Lebih Memahami Tubuh Sendiri

    Ketika menganggap makanan sebagai sarana untuk menurunkan berat badan alih-alih untuk bahan bakar tubuh, mudah untuk “lupa” bagaimana tubuh merespon makanan tersebut. Berhenti menghitung kalori dapat membuat seseorang lebih mengenali tubuhnya. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi Anda untuk menjaga berat badan yang ideal. (Hana Devarianti/VP/Image: deniskomarov/iStock/487654436)