Better You

5 Alasan Berat Badan Meningkat dalam Seminggu

  by: Silvya Winny       20/11/2015
  • OH NOO... Tanpa disadari berat badan meningkat dalam waktu satu minggu saja! Padahal Anda telah mengonsumsi makanan sehat dan menyempatkan diri untuk berolahraga. Apa saja sih yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Simak artikel ini!

     

    Siklus Bulanan



    Banyak hal yang dapat terjadi saat menstruasi, salah satunya adalah berat badan yang bertambah. Hormon progesteron dan estradiol yang meningkat dapat membuat skinny jeans Anda terasa sesak. Selain itu, tidak jarang wanita memiliki nafsu makan yang lebih banyak saat siklus berlangsung. Ini karena otak mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk mengonsumsi lebih banyak kalori, terutama saat sedang “deras-derasnya”.

     

    Kegiatan di Kamar Mandi

    Berat badan sangat dipengaruhi oleh kebiasaan membuang air besar. Terkadang, berat badan meningkat karena tidak banyak sisa makanan yang dikeluarkan oleh tubuh. Yup, buang air besar dapat menurunkan timbangan hingga satu kilogram. Jangan heran jika berat meningkat saat Anda sedang sembelit.

     

    Konsumsi Karbohidrat yang Lebih Banyak



    Mengonsumsi karbohidrat yang lebih banyak dari biasanya juga dapat membuat berat badan meningkat. Bukan berarti Anda harus berhenti mengonsumsi karbohidrat sama sekali lho karena karbohidrat adalah bahan bakar tubuh. Lebih baik pilih karbohidrat sehat, seperti biji-bijian, gandum, buah-buahan, dan kacang yang memiliki nutrisi penting serta tidak menggemukan.

     

    Kurang Tidur

    Tidur cukup adalah hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Saat tidur, hormon dalam tubuh akan mengalami regenerasi. Ketika tubuh tidak mendapat istirahat yang cukup, proses regenerasi tersebut akan terganggu. Inilah yang membuat hormon yang dapat memicu nafsu makan seperti leptin dan ghrelin meningkat. Sehingga, Anda akan mengonsumsi lebih banyak makanan dan berat badan pun bertambah.

     

    Terlalu Banyak Minum Protein Shakes

    Protein shakes memang dapat membantu untuk mengembalikan energi tubuh setelah melakukan olahraga yang berat. Akan tetapi, Anda sebenarnya tidak membutuhkannya ketika sudah mengonsumsi makanan yang tepat setelah olahraga. Protein shakes cenderung memiliki kadar gula yang tinggi dan dipenuhi oleh bahan-bahan kimia buatan yang dapat membuat angka timbangan meningkat. (Hana Devarianti/VP/Image: belchonock/iStock/187880282)